https://www.batamnews.co.id

6.200 Warga Singapura Sudah Disuntik Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer

Ilustrasi.

Singapura - Lebih dari 6.200 warga Singapura telah menerima vaksinasi Covid-19 produksi Pfizer-BioNTech dalam dua pekan terakhir.

Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong mengatakan dalam sehari kemarin, ada 2.800 warga yang telah menerima vaksinasi.

"Khususnya dalam beberapa hari terakhir, kami telah meningkatkan kapasitas, dan kemarin kami memvaksinasi 2.800 (orang)," tambah Gan usai menerima dosis pertama vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Kwong Wai Shiu, Rabu (13/1/2021).

Selain Gan, pada kesempatan yang sama wakil ketua gugus tugas multi-kementerian COVID-19 Lawrence Wong, yang juga menerima dosis pertama vaksin.

Keduanya menggambarkan suntikan itu tidak menimbulkan rasa sakit dan menunggu selama 30 menit setelah itu untuk mengamati efek samping sebelum mereka berbicara dengan wartawan.

“Kami berencana untuk terus memperluas cakupan vaksinasi dan meningkatkan kecepatan vaksinasi, yang pada akhirnya mencakup seluruh populasi di Singapura,” kata Gan dilansir Channel News Asia.

Untuk melakukannya, selain membuka poliklinik dan beberapa klinik dokter umum, empat pusat vaksinasi akan didirikan pada akhir Januari untuk memungkinkan vaksinasi bagi banyak orang, kata Gan.

Dua dari pusat tersebut telah beroperasi sejak Rabu, satu di Terminal 4 Bandara Changi dan yang lainnya di Raffles City Convention Center, kata Kementerian Kesehatan (MOH) dalam siaran persnya.

Dua pusat vaksinasi lainnya, yang terletak di bekas Sekolah Menengah Hong Kah dan Pusat Komunitas Woodlands Galaxy, akan siap beroperasi minggu depan, tambah kementerian itu.

Singapura juga berada di jalur untuk memiliki empat pusat vaksinasi lainnya pada akhir Februari, kata kementerian itu.

“Lebih banyak pusat di seluruh pulau sedang direncanakan, dan akan diluncurkan bersamaan dengan kedatangan pengiriman vaksin,” kata Depkes.

(gea)