https://www.batamnews.co.id

Sekda Kepri: Forkopinda Divaksin Covid 4-15 Januari

Sekda Kepri, Arif Fadillah.

Tanjungpinang - Vaksin Covid-19 tahap satu difokuskan untuk tenaga kesehatan tingkat provinsi.

Sekda Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengungkapkan, untuk tenaga kesehatan di tingkat kabupaten/kota masih menunggu instruksi lanjutan.

“Sasaran untuk tenaga kesehatan di Pemprov Kepri dulu. Untuk tenaga kesehatan kabupaten/kota kita masih menunggu arahan selanjutnya,” ujarnya di Tanjungpinang, Selasa (5/1/2021).

Pada 14-15 Januari mendatang, giliran seluruh pejabat teras di lingkungan Pemprov Kepri, beserta unsur pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kepri yang akan disuntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac asal China tersebut.

“Sesuai arahan dari Pak Mendagri dan Menkes tadi pagi. Tanggal 13 Pak Presiden akan divaksin. Jadi mungkin setelah itu sekitar tanggal 14-15 seluruh Forkominda di Indonesia termasuk di Kepri akan divaksin," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, gelombang pertama vaksin Covid-19 bagi Provinsi Kepulauan Riau tiba melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Kota Tanjungpinang pada Selasa (5/1/2021).  

Kedatangan 13 ribu dosis vaksin Sinovac tersebut mendapatkan pengamanan dan pengawalan super ketat aparat keamanan dari TNI dan Polri.

Sejumlah kendaraan taktis milik Brimob dan Polres Tanjungpinang dibantu kendaraan operasional TNI disiapkan di depan terminal gudang cargo Bandara RHF Tanjungpinang.

Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan, setibanya di Tanjungpinang, vaksin Covid-19 disimpan di gedung intalasi farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri.  

"Kami sudah siapkan alat khusus penyimpanan vaksin yang baru datang tersebut. Jumlah yang datang pada gelombang pertama sebanyak 13 ribu dosis," kata Isdianto.  

Vaksin tersebut tidak langsung didistribusikan ke kabupaten dan kota, namun Pemprov Kepri menunggu arahan dari pemerintah pusat, termasuk juga proses vaksinasi.

(sut)