Doa ketika Banjir Melanda dan Hujan Tak Kunjung Berhenti

Doa ketika Banjir Melanda dan Hujan Tak Kunjung Berhenti

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Batam - Hujan yang melanda sejumlah wilayah Kepulauan Riau dalam dua hari terakhir menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Agar hujan segera berhenti dan tidak menimbulkan genangan air, umat Islam dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT untuk memalingkan hujan tersebut pada tempat yang lebih manfaat.

Bagi non-muslim, bisa memanjatkan doa sesuai dengan keyakinan yang dianutnya.

Dikutip dari muslim.or.id, umat Islam bisa mengajak keluarga membaca doa ini bila hujan deras datang dan menimbulkan bencana, seperti banjir.   

اَللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اَللَّهُمَّ عَلَى اْلآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُوْنِ اْلأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

(Allahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa. Allahumma ‘alal aakaami wadz dzirabi wa buthuunil awdiyati wa manabitis syajari)

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, jangan yang merusak kami. Ya, Allah! turunkanlah hujan di dataran tinggi, di bukit-bukit, di perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” 1

Do’a di atas disebutkan dalam hadits Anas bin Malik, ketika hujan tak kunjung berhenti (dalam sepekan), Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas memohon pada Allah agar cuaca kembali cerah. Lalu beliau membaca do’a di atas. (HR. Bukhari no. 1014 dan Muslim no. 897).

Do’a tersebut berisi permintaan agar cuaca yang jelek beralih cerah dan hujan yang ada berpindah pada tempat yang lebih membutuhkan air. 

Atau untuk ringkasnya membaca:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا، وَلاَ عَلَيْنَا

“Allahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa” [Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, jangan yang merusak kami].


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews