Cuaca Ekstrem Bikin Sejumlah Nelayan di Natuna Alih Profesi

Cuaca Ekstrem Bikin Sejumlah Nelayan di Natuna Alih Profesi

Ilustrasi

Natuna - Sejumlah nelayan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) alih profesi. Ini mereka lakukan karena cuaca ekstrem seperti gelombang serta angin kencang yang kerap terjadi belakangan ini.

Salah seorang nelayan asal Desa Kelanga, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Yunda mengatakan bahwa saat ini ia sudah beralih profesi sebagai pekerja bangunan selama hampir satu bulan.

"Nelayan mendapatkan imbauan dari BMKG, untuk sementara waktu menunda kegiatan melaut karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan. Sebagian dari kami memilih beralih profesi sementara karena untuk memenuhi kebutuhan hidup, kami harus tetap bekerja apa pun itu,” kata dia, Jumat (11/12/2020).

Hal senada juga diungkapkan salah seorang nelayan asal Singgang Bulan, Kecamatan Bunguran Selatan, Muhadi. Ia menjelaskan bahwa selama ini mata pencariannya sebagai nelayan pesisir, namun sejak musim utara tiba, dirinya mengganti propesi sebagai pencari kepiting bakau.

"Ya, selama ini saya mancing ikan, sejak musim utara tiba, saya cari kepiting bakau, dan alhamdulillah cukup untuk makan," ujar Muhadi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews