Kerangka Paus Langka Berumur 5 Ribu Tahun Ditemukan di Thailand

Kerangka Paus Langka Berumur 5 Ribu Tahun Ditemukan di Thailand

Kerangka paus Bryde yang ditemukan di Thailand. (Foto: BBC)

Bangkok - Peneliti Thailand menemukan kerangka langka setengah fosil milik paus Bryde yang diyakini berusia sekitar 5.000 tahun di sebuah situs pedalaman di barat Bangkok.

Kerangka sepanjang 12,5 m itu ditemukan pada awal November oleh seorang pengendara sepeda yang melihat bagian dari tulang belakang yang keluar dari tanah. Penggalian telah berlangsung sejak itu.

"Kerangka paus ini diperkirakan satu-satunya di Asia," kata Pannipa Saetian, ahli geologi di divisi Perlindungan Fosil di Departemen Sumber Daya Mineral dilansir Channel News Asia.

"Sangat jarang menemukan penemuan seperti itu dalam kondisi yang hampir sempurna," kata Pannipa, memperkirakan bahwa sekitar 90 persen kerangka paus telah ditemukan.

"Kemarin kami menemukan bahu dan sirip kanan," katanya, mencatat bahwa sekitar 36 tulang punggung telah ditemukan.

Tulang-tulang itu perlu diberi penanggalan karbon untuk menentukan usia yang tepat dari kerangka itu, katanya.

Setelah proses yang melelahkan untuk membersihkan dan mengawetkan kerangka yang rapuh ini akan dipamerkan.

Para ilmuwan berharap kerangka itu akan memberikan lebih banyak informasi untuk membantu penelitian populasi paus Bryde yang ada saat ini serta kondisi geologi saat itu.

Paus Bryde, terkadang dikenal sebagai paus tropis karena kecenderungan mereka untuk perairan yang lebih hangat, ditemukan di perairan pesisir di beberapa bagian Samudra Hindia, Pasifik, dan Atlantik, termasuk di Teluk Thailand.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews