Gurita Beracun Jadi Menu Kuliner di Thailand, Begini Penampakannya

Gurita Beracun Jadi Menu Kuliner di Thailand, Begini Penampakannya

Kuliner sate gurita beracun yang ditemukan di pasar malam Thailand. (Foto: World of Buzz)

Bangkok - Gurita cincin biru termasuk dalam kategori hewan laut beracun. Namun di Thailand, gurita jenis ini malah dijadikan menu kuliner.

Gurita itu disajikan dalam sajian kuliner sate pada akhir November lalu di pasar malam yang berada di Provinsi Pathum Thani, Thailand. Demikian dikutip Batamnews dari World of Buzz, Jumat (4/12/2020).

Kelompok advokasi lingkungan, Ocean Conservancy mengatakan bahwa gurita cincin biru adalah salah satu gurita yang dapat membunuh 26 orang dewasa dengan jumlah racun yang ada di dalam tubuhnya. 

Spesies ini dapat ditemukan di Asia Tenggara, Teluk Thailand, Laut Andaman, Laut Jepang dan di Australia. Gurita ini tidak akan menyerang kecuali jika merasa terancam.

Tidak meremehkan masalah ini, Departemen Sumber Daya Laut dan Pesisir Thailand telah memposting PSA di halaman Facebook mereka. 

Mereka memperingatkan orang-orang untuk tidak menyentuh gurita cincin biru jika mereka melihatnya di alam liar.

Departemen tersebut juga mengatakan bahwa racun dalam gurita dapat menahan panas hingga 200 derajat celsius dan belum ada penawar untuk itu saat ini.

Tidak jelas apakah tindakan lebih lanjut diambil terhadap penjual yang menjual tusuk sate, tetapi untungnya seseorang menemukan gurita berbisa sebelum terlambat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews