Jangan Sepelekan, Ini yang Harus Dilakukan saat Disengat Ubur-ubur

Jangan Sepelekan, Ini yang Harus Dilakukan saat Disengat Ubur-ubur

Ilustrasi. (Foto: Fimela)

Batam - Ubur-ubur merupakan salah satu fauna laut yang indah. Bentuknya yang 'tak seberapa' sering dianggap remeh oleh sebagian mahkluk hidup lainnya.

Namun tahukah Anda, ubur-ubur merupakan salah satu hewan berbahaya dan bisa mengancam nyawa manusia.

Dikutip dari klikdokter, ubur-ubur sekilas tampak seperti tak “berbentuk” karena warnanya yang hampir transparan. 

Namun sebenarnya, mereka memiliki sejenis tentakel yang berfungsi untuk menangkap dan memangsa makanannya.

Tentakel inilah yang terkadang menyengat manusia saat bersinggungan di pantai. Bahkan, ubur-ubur yang sudah mati pun masih bisa menyengat jika Anda tak sengaja menyentuhnya.

Jika Anda terkena sengatan ubur-ubur saat berlibur ke pantai, Anda tak sendirian. The Weather Channel pernah membeberkan data bahwa terdapat lebih dari 3.000 orang dirawat karena tersengat ubur-ubur di Florida Tengah dalam dua minggu.

Meski terasa menyakitkan, efek sengatan ubur-ubur jarang mengancam jiwa dan mudah diobati, tergantung jenis spesies yang menyengat Anda. 

Sebagian besar rasa sakit biasanya memuncak pada lima menit setelah sengatan terjadi dan hilang dalam beberapa jam. Umumnya, rasa sakit tidak akan bertahan lebih dari 24 jam.

Cara Mengatasi Sengatan Ubur-Ubur

 

Ada banyak mitos mengenai pertolongan pertama sengatan ubur-ubur. Sayangnya, pencegahan secara medis jarang dijabarkan secara rinci, sehingga menimbulkan ketakutan tak mendasar. Apabila dilihat dari kacamata medis, berikut cara mengatasinya:

Keluar dari Air
Saat Anda berenang di pantai, pertolongan pertama saat terkena sengatan tentu saja kembali ke permukaan sesegera mungkin. Hal ini dilakukan untuk menghindari Anda terkena sengatan lagi. Bisa jadi, ubur-ubur akan menyerang Anda untuk yang kedua kalinya.

Bilas dengan Air Asin
Membilas bagian tubuh yang tersengat menggunakan air minum biasa tidak dianjurkan karena bisa meningkatkan rasa sakit. Untuk mengatasi sengatan ubur-ubur tersebut, Anda dapat membilas dengan air asin dan cobalah untuk tidak menyentuhnya dengan tangan kosong.

Gunakan Cuka
Sejumlah ahli menyarankan untuk menyiram area yang terinfeksi dengan cuka atau asam asetat sebagai pertolongan pertama sengatan ubur-ubur. Cara ini diyakini dapat menghilangkan rasa sakit dengan segera.

Oles Krim Cukur
Ternyata, krim cukur juga bisa membantu mengatasi sengatan ubur-ubur, terutama untuk menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan. Jika Anda tidak memiliki cuka dan kebetulan memiliki simpanan krim cukur, Anda dapat mengoleskannya ke area yang tersengat.

Basuh dengan Air Panas
Setelah membilas area yang tersengat ubur-ubur dengan air asin, seperti air laut, basuh area tersebut menggunakan air panas selama 20 menit sampai rasa sakit hilang.

Cari Bantuan Bila Rasa Sakit Memburuk
Efek sengatan ubur-ubur yang umum dialami, yakni iritasi, rasa terbakar, dan sensasi menyengat di daerah yang terkena. Namun dalam kasus yang jarang, seseorang bisa mengalami muntah, kesulitan berjalan, mual, sakit kepala, dan kejang.

Jika itu yang terjadi, maka Anda disarankan untuk mencari penanganan medis di rumah sakit terdekat.

Sebelumnya, sengatan ubur-ubur merenggut nyawa seorang bocah di perairan Galang, dekat Jembatan IV Barelang, Kota Batam, Kamis (12/11/2020).

Bocah malang itu sempat dilarikan ke RSUD Embung Fatimah. Nyawanya tak tertolong.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews