Karir Andrea Iannone di MotoGP Terancam Habis

Karir Andrea Iannone di MotoGP Terancam Habis

Andrea Iannone (Foto:ist/motorsport images)

Jakarta - Andrea Iannone terancam habis kariernya di ajang MotoGP dan balap motor dunia. Dia baru saja divonis hukuman larangan membalap untuk periode empat tahun ke depan.

Keputusan hukuman larangan membalap selama 4 tahun dijatuhkan oleh pengadilan banding olahraga (CAS). Sebelumnya, Iannone mengajukan banding karena dia dihukum larangan membalap selama 18 bulan.

Alih-alih dapat potongan atau pengangkatan hukuman, rider asal Italia itu malah dapat hukuman lebih berat. Sanksi ini dijatuhkan pada Iannone karena dia kedapatan menggunakan obat-obatan yang dilarang yang dianggap sebagai doping.

"Andrea Iannone tidak mampu menunjukkan bukti-bukti yang meyakinkan bahwa pelanggaran yang dia lakukan terhadap aturan anti-doping terjadi tanpa sengaja," demikian pernyataan resmi CAS.

"Berdasarkan temuan yang didapat panel, pelanggaran aturan anti-doping yang terjadi pada Iannone dianggap sebagai disengaja untuk tujuan tertentu untuk mensiasati aturan anti-doping," demikian dikutip dari Crash.

Iannone kedapatan mengonsumsi obat terlarang bernama Drostanolone pada MotoGP Malaysia, November 2019. Dia dinyatakan bersalah oleh FIM dan dijatuhi hukuman 18 bulan mulai 17 Desember 2019 sampai 16 Juni 2021.

Hukuman ini membuat Aprilia harus mencari pebalap pengganti Iannone untuk mengarungi MotoGP 2021. Ada beberapa rider dengan statistik oke yang bisa dikontrak Aprilia. Termasuk Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow, Jorge Lorenzo, dan and Bradley Smith.

Iannone saat ini berusia 31 tahun. Di sepanjang kariernya pada ajang balapan Grand Prix, dia meraih empat kemenangan di kelas 125cc, 8 kemenangan di kelas Moto2, dan 1 kemenangan saat berlaga di MotoGP bersama Ducati.

(ruz)

Berita Terkait