Sri Mulyani Yakin Ekonomi RI Kuartal III-IV Segera Pulih

Sri Mulyani Yakin Ekonomi RI Kuartal III-IV Segera Pulih

Menkeu Sri Mulyani. Foto: Biro KLI Kemenkeu

Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) akan segera merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III-2020 pekan depan. Berbagai prediksi pun bermunculan. Ekonomi domestik diperkirakan akan pulih dari kuartal II-2020 sebelumnya, yang jatuh minus 5,32 persen.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati meyakini dengan berbagai langkah upaya dilakukan pemerintah lewat kebijakan program pemulihan ekonomi (PEN), ekonomi kuartal III dapat bangkit. Sehingga pemulihan pun bakal terjadi di kuartal III-2020 hingga kuartal IV-2020.

"Oleh karena itu kuartal III dengan tadi langkah-langkah pemerintah kita berharap pertumbuhan akan menjadi lebih baik atau kita sudah mulai merangkak ke atas hingga kuartal IV," kata dia dalam acara virtual di Jakarta, Minggu (1/11/2020).

Dia mengatakan, penyerapan anggaran PEN hingga saat ini pun sudah cukup bagus. Di mana kuartal III pemerintah mampu untuk meningkatkan belanja pemerintah baik untuk penanganan Covid-19 maupun belanja-belanja pemerintah lainnya.

"Sehingga pertumbuhan dari belanja pemerintah mencapai 18 persen," imbuh dia.

Oleh karenanya, dia berharap dengan dukungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta dukungan dari moneter Bank Indonesia, juga masyarakat yang sudah mulai melakukan aktivitas pemulihan ekonomi bakal terjadi hingga akhir tahun.

Secara total, Kementerian Keuangan sendiri memperkirakan ekonomi nasional pada 2020 berada di minus 0,6 persen hingga minus 1,72 persen. Sementara untuk kuartal III kontraksi adalah dalam range minus 1 persen hingga minus 2,9 persen.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews