Dinsos Batam Bantah Ada Petugas yang Rampas Uang Pengemis

Dinsos Batam Bantah Ada Petugas yang Rampas Uang Pengemis

Oknum yang diduga mengambil uang pengemis di Batam (Foto:Screenshoot YouTube Ferry Kesuma)

Batam - Video seorang pengemis yang mengaku diperas oknum petugas Dinsos Kota Batam viral di medsos dan mendapat kecaman dari warga. Video itu diunggah akun youtube Ferry Kesuma.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam, Citra Widya mengklarifikasi hal ini.

“Kejadian itu pada hari Minggu (18/10/2020), di lampu merah UIB, ada seorang laki-laki yang merupakan PMKS (penyandang masalah kesejahteraan sosial) tidak mau diangkut dan menjerit-jerit,” ujar Citra, Selasa (20/10/2020).

Oleh karena itu, petugas tidak jadi mengamankan lelaki yang di video tersebut. Sementara seorang perempuan yang juga PMKS telah diamankan di dalam mobil.

Keduanya diketahui sering meminta-minta di sekitar kawasan tersebut.  Namun, saat kejadian itu ada seorang pria yang menghampiri petugas untuk mempertanyakan perihal tersebut.

"Pas bapak (PMKS) itu menjerit datanglah, laki-laki tadi. Dia mengajukan banyak pertanyaan,” kata dia.

Sementara itu petugas yang di lapangan juga bertanya balik, mengenai asal pemuda tersebut. Namun tidak dijawab.

Setelah itu, petugas meninggalkan lokasi dan membawa seorang wanita PMKS satunya menuju ke UPT P2PMKS Nilam Suri di Nongsa.

“Petugas balik lagi kesana, dan membawa lelaki tadi untuk dibawa ke Nongsa juga, rupanya malam itu videonya viral, barulah kita tahu pemuda yang nanya-nanya petugas merupakan youtuber,” katanya.

Mengenai laki-laki PMKS yang diamankan tersebut, Citra mengatakan bahwa Ia sering sekali terjaring razia oleh tim gabungan dan tim dari Dinsos. Selama itu sering pula Laki-laki tersebut dibawa ke UPT Nilam Sari. “Tetapi bapak itu tetap kembali kesana dan meminta-minta,” kata dia.

Pihaknya membantah bahwa petugas melakukan tindakan yang tidak seharusnya. Citra juga menambahkan bahwa petugas sudah bekerja sesuai prosedur.

Saat ini para petugas tersebut sedang dimintai keterangan oleh pihak kepolisian. Termasuk juga PMKS laki-laki tersebut. “Petugas kami lagi diperiksa polisi, tadi pagi mereka dipanggil,” katanya.

Dalam video yang beredar itu, pengemis itu mengaku sempat diangkut petugas. Setelah uang hasil mengemisnya diambil, maka ia diturunkan di jalan.

"Saya nggak bisa melawan pak. Biasanya saya (kena razia) mobil Satpol PP langsung dibawa kantor. Kalau ini uangnya saja diambil lalu saya dilepaskan. Memang mobilnya dinsos, saya nggak bohong pak," ucap pria tersebut.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews