Rekor Baru, Pasien Sembuh Corona di Batam 315 Orang dalam Sehari

Rekor Baru, Pasien Sembuh Corona di Batam 315 Orang dalam Sehari

Ilustrasi.

Batam - Angka pasien sembuh Corona di Kota Batam, Kepulauan Riau 
mencatatkan rekor tertinggi. Pada Jumat (9/10/2020), tercatat ada 315 orang dinyatakan sembuh Covid-19.

Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengungkapkan mayoritas pasien sembuh ini sebelumnya dirawat di RSKI Covid-19 Galang sebanyak 207 orang.

"Sisanya dirawat di berbagai rumah sakit rujukan lainnya di Batam," ungkap Didi.

Kesembuhan pasien Corona kali ini didominasi oleh kalangan karyawan swasta sebanyak 153 orang.

Merujuk data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, ada 49 karyawan dari PT Phillips Industries Batam yang termasuk dalam daftar pasien sembuh.

Kemudian ada 27 tenaga kesehatan, baik pemerintah maupun swasta yang juga dinyatakan sembuh Corona dan 11 orang perawat.

Adapun latar belakang profesi pasien sembuh lainnya tercatat sebagai anggota Polri, ASN, karyawan BUMN, ibu rumah tangga, pelaut, mahasiswa, pelajar dan ekspatriat.

Dengan tambahan 315 pasien sembuh ini, akumulatif kesembuhan pasien Corona di Batam sebanyak 1.589 orang atau 88,1 persen jika dibandingkan dengan akumulasi kasus Corona sebanyak 1.804 kasus, hingga Jumat hari ini.

"Tingginya angka kesembuhan ini disebabkan oleh beberapa hal seperti peningkatan kesadaran dalam penerapan protokol kesehatan, pola pandemi dan faktor psikis," kata Didi.

Psikis Bagus Menunjang Kesembuhan

 

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro mengungkapkan menjaga semangat dan menanamkan pikiran positif selama perawatan menjadi salah satu cara untuk sembuh dari paparan virus Corona.

Reisa menyampaikan pendapat itu dikemukakan oleh dr Debryna yang menjadi relawan tim dokter pertama di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlit Kemayoran yang melihat secara langsung bahwa pasien dengan pikiran positif lebih cepat sembuh. 

"Imunitas yang baik itu akan tercipta dari suasana hati. Baru kali ini benar-benar melihat, kalau pasien yang pikirannya bisa positif, pasien yang bisa dibawa enjoy, itu beneran cepat banget sembuhnya. Bahkan gejalanya saja bisa hilang dengan cepat," cerita Debryna. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews