https://www.batamnews.co.id

Mengintip Keindahan Panorama Sekitar Jembatan 3 Barelang

Jembatan Barelang 3 yang diberi nama Jembatan Raja Ali Haji. (Foto: Batamnews)

Batam - Jembatan Barelang tidak hanya menjadi jembatan penghubung bagi Pulau Batam dan pulau sekitarnya, tetapi juga menjadi jantung bagi pariwisata di Kota Batam, Kepulauan Riau. 

Pulau-pulau yang terhubung dengan sekumpulan jembatan ini menawarkan destinasi wisata yang terus ramai dikunjungi, baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Salah satunya adalah Jembatan 3 Barelang.  

Jembatan 3 Barelang merupakan salah satu dalam kumpulan Jembatan yang menghubungkan Pulau Nipah dan Pulau Setokok ini diberi nama Jembatan Raja Ali Haji. 

Jembatan 3 Barelang dibangun dengan struktur concrete box girder dengan tipe pondasi abutment. Metode konstruksi yang digunakan dalam pembangunan jembatan ini adalah konstruksi segmental dan menggunakan material beton prastress pracetak.

Jembatan ini juga memiliki panjang 270 meter dengan bentang utama 45 meter dan lebar dek seluas 18 meter dan ruang bebas jembatan 15 meter. 

Seperti jembatan lainnya, Jembatan 3 juga memiliki pemandangan laut dan pulau-pulau kecil yang menawan. 

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan di area jembatan, tetapi juga bisa menikmati area wisata di sekitarnya seperti Pantai Setoko dengan pasir putihnya yang terletak di Pulau Setoko, serta resort yang nyaman untuk menginap di Pulau Nipah. 

Tidak lupa di sekitar jembatan juga tersedia restoran makanan hasil laut (seafood) yang siap memanjakan lidah pengunjung. 

(ADV)