https://www.batamnews.co.id

Pengakuan Sri Mulyani: Infrastruktur Kita Masih Tertinggal

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Dok. Biro KLI-Kemenkeu)

Batam  - Indonesia saat ini masih tertinggal dalam fasilitas infrastruktur. Apalagi jika dilihat di daerah perkotaan dan daerah yang masih ada kesenjangan besar dalam hal infrastruktur.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ini menjadi salah satu PR yang sangat penting bagi Indonesia.

"Kita masih tertinggal di bidang infrastruktur. Mungkin sudah banyak yang menikmati fasilitas mobilitas lewat jalan-jalan tol cepat. Tapi itu baru beberapa contoh dari pencapaian infrastruktur. Kita gap infrastrukturnya masih jauh, terutama di luar Jawa. seluruh pulau dari Sumatera hingga Papua," ujarnya di Webinar, Rabu (19/8/2020).

Padahal, infrastruktur adalah salah satu indikator yang menentukan kemajuan suatu negara. Oleh karenanya, hingga saat ini pembangunan infrastruktur masih menjadi salah satu fokus agenda pemerintah.

"Infrastruktur masih dibutuhkan untuk menuju ke upper middle income bahkan ke upper," kata dia.

Lanjutnya, pembangunan akan terus dilakukan pemerintah tidak hanya di bidang infrastruktur tapi juga kesehatan hingga pendidikan. Dengan demikian, masyarakat tidak hanya merasakan fasilitas yang sama tapi sekaligus menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik.

"Saya ingin melihat semua anak bangsa memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan akses layanan publik, kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur yang bagus, didukung dengan institusi yang bagus, baik di level pemerintah, BUMN, maupun swasta," tegasnya.

(fox)