Pelantikan Isdianto Jadi Gubernur Kepri Definitif Dikabarkan Senin Depan

Pelantikan Isdianto Jadi Gubernur Kepri Definitif Dikabarkan Senin Depan

Plt Gubernur Kepri, Isdianto. (Foto: Dok. Batamnews)

Tanjungpinang - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah mengajukan surat usulan pengangkatan Wakil Gubernur Kepri, Isdianto sebagai Gubernur Kepri masa jabatan 2016-2021 ke Presiden Jokowi.

Surat usulan pengangkatan tersebut ditandatangani Tito Karnavian pada 7 Juli 2020 lalu.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah satu sumber terpercaya Batamnews, pejabat di lingkungan Pemprov Kepri.

"Surat pengangkatan Isdianto sebagai Gubernur Kepri Defenitif ini sudah disampikan Mendagri ke Pemprov Kepri, namun kapan surat tersebut sampai saya tak tau," ujarnya kepada Batamnews, Kamis (23/7/2020) malam.

Menurut sumber tersebut, isi surat berisikan aturan dan juga keputusan presiden, terkait pengesahan pemberhentian Gubernur Kepri Nurdin Basirun, dan penunjukan Pelaksana Tugas Gubernur Kepri masa jabatan 2016-2021.

Isi surat usulan pengangkatan Wakil Gubernur sebagai Gubernur Kepri juga berdasarkan Pasal 173 ayat (3) huruf c Undang-Undang No 10 tahun 2016 dan undang-undang turunannya tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota menjadi undang-undang.

"Dalam hal ini DPRD Provinsi tidak menyampaikan usulan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dalam waktu 10 hari kerja terhitung sejak Gubernur berhenti, Presiden berdasarkan usulan Meteri mengesahkan pengangkatan wakil gubernur sebagai gubernur berdasarkan keputusan pemberhentian," tutur sumber ini lagi.

Ditegaskanya, dalam surat tersebut tidak mencantumkan tanggal dan waktu pasti, kapan pelantikannya dilakukan.

Namun, untuk proses pelantikan ini ada disampaikan oleh Protokol Kepresidenen di Istana ke Humas Pemprov Kepri.

"Ya untuk proses pelantikan ini, bila tidak ada perubahan jadwal akan dilakukan pada Senin, (27/7/2020) mendatang," ujarnya.

Sementara itu Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Kepri Haryono menanggapi hal ini mengatakan, terkait hal tersebut merupakan kewenangannya di Sesneg.

"Jadi untuk informasi dan juga lainnya terkait pelantikan pasti melalui Sekda," kata Haryono singkat.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian beberapa waktu lalu sempat menyapa dalam video conference dengan mengucapkan "Selamat pagi Pak Gubernur Kepri definitif"

Hal itu diucapkan Tito saat membuka rapat online agenda Pemantapan Pelaksanaan Pilkada 2020, melalui video conference (vicon).

Rapat tersebut ditayangkan secara langsung antara Pemprov Kepri yang diwakili Sekda Kepri TS Arif Fadillah dengan Mendagri di Kantor Gubernur Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Rabu (24/6/2020).

Rapat ini juga dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Kepri Raja Ariza, Kepala Kesbangpol Pemprov Kepri Lamidi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews