https://www.batamnews.co.id

Temasek Foundation Sumbang Satu Juta Masker untuk Kepri

Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah saat video Conference dengan Duta Besar RI untuk Singapura, I Geda Ngurah Swajaya. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Pemprov Kepri dapat bantuan 1 juta masker dari Temasek Foundation yang berbasis di Singapura.

Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah saat video Conference dengan Duta Besar RI untuk Singapura, I Geda Ngurah Swajaya beserta perwakilan dari Temasek Foundation menyampaikan secara langsung gambaran perkembangan Covid-19 di Kepri.

"Pertama kita serius menangani Covid-19 mulai dari sosialiasi kepada masyarakat, penyiapan alat kelengkapan dan pengobatan di Rumah sakit," kata Arif di Kantor Gubernur Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Selasa (21/4/2020).

Arif juga juga memaparkan terkait kedatangan TKI yang jumlahnya tercatat mencapai 48.000 orang via Kepri. Mereka berasal dari Singapura dan Malaysia.

”Pekerjaan Penanganan Covid ini adalah pekerjaan yang besar serta butuh sumber daya yang besar. Oleh karena itu pemerintah daerah tidak dapat bekerja sendiri namun tetap butuh dukungan berbagai pihak," ujar Arif.

Ia berterimakasih kepada Pemerintah Singapura dan juga Duta Besar RI untuk Singapura yang telah menggiring bantuan hingga Pemerintah Kepri mendapatkan 1 juta masker.

"Terimakasih atas bantuannya. Kami saat ini tetap berharap bantuannya tidak hanya sebatas masker karena kami juga sangat butuh PCR dan Reagen yang saat ini sangat sulit didapatkan," harapnya.

Arif mengatakan karena keterbatasan alat PCR, sampel juga ada dikirim ke Jakarta dan hasilnya harus menunggu hingga 8 hari.

"Dengan adanya PCR dan reagen ini pastinya akan mempercepat kerja Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit untuk mendeteksi lebih dini virus ini, sehingga lebih cepat dalam penanganannya,” harap Arif.

Sementara itu Duta Besar RI untuk Singapura I Geda Ngurah Swajaya dalam penyampaiannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Singapura dan Tamasek Foundation atas kepedulian mereka.

Dalam kesempatan yang sama perwakilan dari Temasek Foundation Lim Hock Chuan mengatakan bahwa Indonesia dan Singapura bersaudara. Harapannya tentunya dengan bantuan ini sedikit meringankan beban pemerintah Indonesia dalam bekerja keras melawan corona ini.

"Hari ini kami berikan bantuan masker sebanyak 3 juta buah, dengan rincian 1 juta untuk TNI, 1 juta untuk Polri dan 1 juta untuk Pemerintah Provinsi Kepri. Semoga bantuan ini bermanfaat dan semkain mempererat hubungan yang terjalin antara Indonesia dengan Singapura,” ujarnya.

(sut)