Jet Tempur Saudi Ditembak Jatuh di Yaman

Ilustrasi

Riyadh - Sebuah jet tempur Saudi ditembak jatuh di negara Yaman. Pihak pemberontak mengklaim menembak jatuh jet tersebut.

Dilansir dari AFP, Minggu (16/2/2020), pesawat tornado Angkatan Udara Kerajaan Arab Saudi jatuh di Provinsi Al-Jawf, Yaman bagian utara. Informasi jatuhnya pesawat disampaikan langsung Biro Pers Pemerintah Arab Saudi, Sabtu (15/2/2020).

Jubir kelompok pemberontak Houthi Yahya Saria mengklaim bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat tempur Saudi. Pesawat jatuh setelah ditembak dengan rudal dari darat ke udara.

Gerilyawan melaporkan beberapa serangan udara koalisi pada hari Sabtu di daerah yang dikuasai Huthi di mana pesawat itu jatuh ketika warga setempat berkumpul di dekat reruntuhan, menurut Al-Masirah.

Serangan bom itu menewaskan "belasan" orang, Al-Masirah menambahkan, sebuah klaim yang tidak dapat segera diverifikasi oleh pekerja bantuan lokal.

Koalisi melakukan intervensi terhadap Huthis pada tahun 2015, pertama dengan pasukan udara dan angkatan laut dan kemudian dengan pasukan darat juga.

(*)