Pemkab Bintan Alokasikan Rp 1,9 Miliar Bangun Masjid Mantang

Pemkab Bintan Alokasikan Rp 1,9 Miliar Bangun Masjid Mantang

Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Masjid Besar Mantang di Bintan.

Bintan - Pemkab Bintan mengalokasikan dana melalui APBD Murni 2020 sebesar Rp 1,9 miliar untuk pembangunan tahap pertama Masjid Besar Kecamatan Mantang.

Pembangunannya telah dimulai dengan diletakkannya batu pertama oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi, Kamis (13/2/2020). Peletakan batu pertama itu disambut hangat oleh puluhan tokoh masyarakat dengan melakukan munajah.

Apri mengatakan masjid ini merupakan proyek multiyears (tahun jamak) sebab tak dapat dirampungkan dalam jangka waktu setahun, melainkan akan dikerjakan selama tiga tahun berturut-turut.

“Proyek ini dilaksanakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Bintan,” ujar Apri.

Meskipun pembangunannya tuntas dalam waktu tiga tahun, Apri sangat bersyukur tahun ini sudah bisa dimulai pembangunannya. Baginya, masjid memiliki peran penting dalam pembangunan masyarakat.

"Alhamdulillah, bersyukur kita semuanya pada Allah SWT. Harapan kita bersama tentu agar pembangunan ini lancar sesuai target yang ditentukan dan bisa secepatnya digunakan oleh masyarakat kita" kata Apri.

Kasi Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Dinas Perkim Bintan, Warsito mengatakan memang pembangunanya ditargetkan rampung dalam tiga tahun. Sebab keterbatasan dengan anggaran jika diselesaikan tahun ini.

“Tahap pertama dikucurkan dana melalui APBD Murni 2020 sebesar Rp 1,9 miliar. Diharapkan pembangunan masjid ini bisa memberi kemaslahatan besar bagi masyarakat,” sebutnya.

Secara teknis, kata Warsito, pengerjaan fisik bangunannya ditargetkan selesai dalam dua tahap yaitu melalui APBD 2020 dan APBD 2021. Kemudian di APBD 2022 akan dipercantik sehingga sudah bisa digunakan semaksimal mungkin. 

“Untuk 2022, dianggarkan untuk landscape dan finishing sehingga rampung secara keseluruhan,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews