Karantina Kru Kapal Wavemaster 6 Tunggu Uji Lab Suspect Corona di RSUD

Karantina Kru Kapal Wavemaster 6 Tunggu Uji Lab Suspect Corona di RSUD

Petugas RSBP Batam tengah mengevakuasi seorang pasien yang diduga terjangkit virus corona di Batam (Foto: Batamnews)

Batam - Kondisi 8 kru kapal MV Wavemaster 6 yang dikarantina di Asrama Haji, Batam Center sejauh ini masih sehat. Para kru diisolasi menyusul temuan suscpect corona di atas kapal tersebut yang kini menjalani karantina di RSUD Embung Fatimah Batam.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi menyampaikan, para kru tersebut belum mengeluhkan apapun terkait kesehatan mereka.

“Sejauh ini (mereka) belum ada keluhan,” ujar Didi saat dikonfirmasi Batamnews, Jumat (31/1/2020).

Ia juga menambahkan kru kapal yang sedang dikarantina tersebut, tidak menunjukkan gejala flu atau demam. Semuanya masih dalam kondisi stabil.

Didi memastikan para kru kapal tetap masuk proses karantina hingga hasil uji lab pasien suspect corona di RUSD keluar.

Mereka dalam pengawasan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Batam. “Sebenarnya bisa dipulangkan, tapi kami menunggu hasil lab dari pasien yang dirawat di RSUD,” jelasnya.

Sementara itu, hasil pemeriksaan sampel swab dari tenggorokan pasien suspect corona virus diperkirakan keluar pada Senin (3/2/2020).

“Setelah sampel sampai di Litbangkes Jakarta, tiga hari setelahnya baru keluar hasil lab tersebut,” kata Didi.

Pihaknya belum mengambil sampel dari para kru kapal tersebut. Walaupun begitu, dalam masa karantina, perkembangan mereka tetap diawasi.

Didi tidak bisa memperkirakan lama karantina. Jika suscpect corona di RSUD terkonfirmasi negatif corona virus, maka para kru kapal pun segera dipulangkan. “Jadi tidak menunggu masa inkubasi yaitu selama 14 hari,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews