Cerita Mochtar Riady Soal Kegagalan MatahariMall dan Suksesnya OVO

Cerita Mochtar Riady Soal Kegagalan MatahariMall dan Suksesnya OVO

Mochtar Riady (Foto:Ist/detik)

Jakarta - Mochtar Riady, salah satu #CrazyRichSurabayan yang merupakan Bos Lippo Group mengungkapkan kegagalan yang terjadi pada salah satu lini bisnisnya, MatahariMall.com.

MatahariMall.com adalah Matahari Departement Store yang diadopsi ke toko online. Sayangnya di tengah maraknya e-commerce yang sukses, tak berlaku buat bisnis ritel raksasa itu yang merambah sektor e-dagang.

Saat mengembangkan MatahariMall.com, pihak Lippo menitikberatkan pada teknologi, dengan mempekerjakan sekitar 300 orang teknisi.

"Dia lupa sebenarnya MatahariMall.com itu perlu memposisikan diri sendiri, apakah itu buka toko di internet atau itu adalah bangun pasar di internet. Ini mesti jelas. Baik dalam pembukaan toko maupun membangun pasar intinya adalah barang dagangan, bukan teknisinya itu," kata dia di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

Pernyataan tersebut dia sampaikan dalam acara Indonesia Digital Conference (IDC) 2019. Mochtar Riady menjadi salah satu pembicara di situ.

Dia menceritakan pengalaman tersebut agar orang-orang bisa lebih hati-hati, yang mana dalam mengembangkan perdagangan melalui perangkat digital, teknologi hanya salah satu instrumen untuk menyampaikan informasi. Barang yang dijualbelikan, itu tetap yang paling diutamakan.

"Ini adalah kegagalannya daripada MatahariMall.com, dan tadi saya kemukakan ini, usaha itu selalu harus mulai dari kecil, dan dia pelan, pelan, pelan itu menjadi besar. Tidak bisa langsung jadi besar, terkecuali perusahaan-perusahaan pemerintah itu lain soal," jelas dia.

Kegagalan itu dijadikan sebagai pelajaran saat perusahaannya merambah bisnis dompet elektronik, OVO.

"Nah keberhasilan daripada OVO ini adalah tidak ulangi lagi kegagalan daripada MatahariMall.com," tambahnya.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews