Besok Batam Tourist Polytechnic Wisuda 22 Sarjana

Besok Batam Tourist Polytechnic Wisuda 22 Sarjana

Ilustrasi.

Batam - Batam Tourist Polytechnic (BTP) akan kembali mewisuda 36 lulusan siap kerja dalam seremoni pada Sabtu (23/11/2019) esok.

Dari 36 mahasiswa yang akan diwisuda ini, 22 orang diantaranya sudah bekerja. Ada tujuh orang yang tidak bisa mengikuti wisuda karena mereka sudah tersebar di luar negeri.

"Mereka terikat kontrak kerja di Maldives, Doha Qatar, Kuwait dan Uni Emirat Arab," kata Direktur Batam Tourist Polytechnic, M Nur A Nasution, S.Sos, MPd, CHA, Jumat (22/11/2019). 

Sementara itu Ketua Dewan Pembina Yayasan Vitka Asman Abnur mengatakan, lulusan BTP diharapkan mampu bersaing di dunia internasional dan industri pariwisata global. 

Organisasi Pariwisata Dunia menyebutkan, tahun 2020 sebanyak 1,6 miliar orang berwisata ke luar negeri. Pariwisata juga merupakan penghasil devisa terbesar di dunia. 

"Jika kita memiliki skill dan keahlian, harus bisa bersaing dengan warga negara lain. Saya bertekad, menjadikan BTP dan ITEBA sebagai kampus bertaraf internasional,’’ kata Asman Abnur.

Mantan menteri tersebut menyebutkan, ia akan sangat bangga jika suatu saat bertemu alumni BTP di luar negeri. 

Ia pun menjelaskan, BTP memiliki tiga program diploma IV, yakni Room Division, Culinary Management dan Food Beverage Management setara dengan Strata 1. 

Mahasiswa yang menamatkan studi di BTP bergelar Sarjana Terapan Pariwisata. Dan ini, hanya satu-satunya di Indonesia. Sebab, politeknik lain, masih jenjang D III. 

Sejak awal berdiri, BTP menjalin kerjasama dengan NHI atau Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung dan Nusa Dua Bali serta berafiliasi dengan IMI Switzerland. BTP juga bekerja sama dengan CTI Worldwide, operator kapal pesiar yang merekrut staf dan melaksanakan training centre. 

"Pada wisuda perdana, BTP telah meluluskan dan mewisuda 22 orang yang berasal dari program studi room division dan culinary management. Dua orang mahasiswa lulusan terbaik langsung menerima beasiswa S2 dari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (Stipram) Yogyakarta. Stipram Yogyakarta adalah salah satu sekolah tinggi pariwisata terbesar dan terbaik di Indonesia," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews