Komjen Idham Aziz Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri

Komjen Idham Aziz Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri

Rombongan Komisi III DPR RI tiba di rumah calon Kapolri, Komjen Idham Aziz. (Foto: Suara.com)

Jakarta - Komisi III melakukan kunjungan ke kediaman calon Kapolri, Komjen Pol Idham Aziz di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan. Mulai dari pimpinan hingga anggota Komisi III turut hadir dalam kunjungan tersebut.

Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa mengatakan kunjungan dimaksudkan untuk mengetahui lebih dalam sosok Idham secara pribadi.

“Kita akan dialog dengan Pak Idham, juga istri dan anak-anaknya keluarganya kita akan berdialog tentang persoalan-persoalan yang selayaknya harus kita pertanyakan sebagai calon kapolri,” kata Desmond di Kediaman Idham, Rabu (30/10/2019).

Desmond berujar bahwa uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Idham terkait calon Kapolri bakal dilakukan pada hari ini. Namun sebelum itu, Komisi III terlebih dulu akan melakukan dengar pendapat masyarakat di ruangan Komisi III.

Kendati begitu, Desmond tak merinci secara detail kelompok masyarakat dari mana saja yang bakal menyampaikan pendapatnya terkait pencalonan Idham sebagai Kapolri.

“Ya di Komisi III mereka akan datang menyampaikan catatan-catatan yang berkaitan dengan masalah Pak Idham ada yang dukung ada yang kontra,” ujar Desmond.

Sementara itu mengenai hanya Idham yang menjadi calon tunggal Kapolri, Desmond memandang wajar. Menurut dia, hal itu sepenuhnya merupakan hak prerogatif dari Presiden Jokowi. Ia juga menjelaskan alasan dikejarnya fit and proper test Idham pada hari ini sekaligus, agar hasilnya dapat dibawa dalam rapat paripurna Kamis besok.

“Karena persoalan kekosongan jabatan Kapolri karena (Plt Kapolri) Pak Wakapolri mau pensiun Desember ini kan,” tandasnya.

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews