Cara Mudah Mencegah Tikus Bersarang di Mobil

Cara Mudah Mencegah Tikus Bersarang di Mobil

Ilustrasi. (Foto: Auto Josh)

Jakarta - Meski tertutup dan tersimpan di tempat yang aman, mobil yang jarang dipakai harus tetap mendapatkan perawatan dan pengecekan secara berkala. Pasalnya, jika dibiarkan berpotensi akan dihuni tamu tak diundang, sebut saja tikus.

Dikutip dari Zing, Rabu (16/10/2019), hewan rodentia ini bisa merusak bagian kokpit mobil atau ruang mesin. Tikus-tikus bisa mengerat kabel hingga putus. Kerusakan ini berpotensi membuat pemilik mobil merugi hingga jutaan rupiah.

Pengerat-pengerat ini bisa membuat suatu tempat menjadi tidak higienis. Ya, tikus ini kerap menjadi mediator penyakit-penyakit. Tak hanya bersembunyi dalam kegelapan, tikus-tikus juga hobi bersarang di mobil.

Alasannya, banyak ruang “ tersembunyi”. Plus, mesin mobil di musim dingin membuat kendaraan menjadi hangat. Nah, ini yang jadi penarik minat tikus-tikus.

Kamu bisa mengidentifikasi tikus yang bersarang di mobil. Bagian kokpit dan kompartemen mesin paling mudah dilacak.

Ketika di kokpit dan kompartemen mesin, bisa jadi ada banyak kotoran tikus, mungkin juga tulang binatang. Saat membuka kap, ruang mesin yang dihuni tikus akan “ beraroma” urine dan kotoran tikus.

Jika “ beruntung”, kamu akan menemukan kaki mungil menyelip di penutup mesin. Mobil yang dihuni tikus akan beraroma tidak sedap, apalagi saat pendingin ruangan dinyalakan.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews