VIDEO: Wali Kota Diseret Warga karena Ingkari Janji Kampanye

VIDEO: Wali Kota Diseret Warga karena Ingkari Janji Kampanye

Rekaman CCTv menunjukkan wali kota Jorge Luis Escandon Hernandez diseret warga di jalanan Kota Chiapas, Meksiko. (Foto: Twitter via BBC)

Chiapas - Jorge Luis Escandon Hernandez, wali kota di Chiapas, negara bagian di Meksiko selatan diikat di mobil dan diseret oleh penduduk setempat yang marah pada 9 Oktober 2019 lalu.

Insiden ini adalah serangan kedua warga, yang sebagian besar dikenal sebagai petani, yang menuntut wali kota memenuhi janji kampanye memperbaiki jalan-jalan setempat. Demikian dilaporkan BBC.

Aksi ini berhenti setelah polisi melakukan campur tangan dan Escandon dilaporkan tidak mengalami cedera yang mengkhawatirkan.

Wali kota dan politikus setempat di Meksiko sering kali menjadi sasaran gang narkoba ketika mereka menolak mendukung kejahatan mereka, tetapi tidaklah umum bagi mereka diserang terkait janji kampanye.

Escandon mengatakan dia akan menuntut karena "telah diculik dan berusaha dibunuh".

Video yang direkam orang-orang yang ada di luar kantor wali kota memperlihatkan sekelompok laki-laki menariknya keluar gedung dan memaksa dia ke bagian belakang kendaraan.

Rekaman CCTV memperlihatkannya diseret, terikat tangannya ke bagian belakang mobil di sepanjang jalan Santa Rita yang merupakan bagian dari Las Margaritas.

Puluhan petugas polisi dikerahkan untuk menghentikan kendaraan dan menyelamatkan wali kota. Beberapa orang cedera dalam perkelahian antara polisi dan warga yang menculik wali kota.

Empat bulan lalu sekelompok laki-laki menggerebek kantornya, tetapi mereka tidak menemukannya.

Menjelang pemilihan wali kota di Las Margaritas, Escandon ditangkap karena diduga terlibat dalam perkelahian dengan pendukung lawan politiknya.

Dia dibebaskan karena kurang bukti.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews