Masjid Agung Sultan Riayat Syah Diresmikan Hari Ini

Masjid Agung Sultan Riayat Syah Diresmikan Hari Ini

Peresmian Batam. Tampak ribuan jemaah memadati pelataran masjid. (Foto: Yogi/Batamnews)

Batam - Ribuan masyarakat, khususnya jemaah muslim memadati kawasan Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah, Jumat (20/9/2019). Salah satu masjid terbesar di Indonesia tersebut diresmikan hari ini. 

Pantauan Batamnews, masyarakat sudah mulai berdatangan sejak pagi. Kebanyakan menggunakan pakaian serba putih. 

Terlihat juga jalan menuju masjid macet. Kemacetan terlihat mulai dari Simpang Basecamp hingga lokasi masjid. Beberapa aparat kepolisian ikut berjaga disepanjang jalan.

Sebelumnya Kadis Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan, masjid ini segera menjadi ikon baru di Kota Batam. Ditargetkan ribuan orang akan datang ke masjid tersebut dalam peresmian. 

"Tidak hanya kita mengundang dari masyarakat Batam, tetapi juga mengundang jemaah dari negara tetangga Malaysia dan Singapura," ujarnya belum lama ini.

Acara peresmian Masjid SMRS dikemas dalam kegiatan Tabligh Akbar Kemilau Muharam 1441 Hijriyah. Selain mengundang jemaah luar negeri, panitia juga menghadirkan dua penceramah, Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Mohammad Kazim bin Elias dari Malaysia.

Sekilas tentang masjid Agung Sultan, masjid yang dibangun di kawasan Batuaji ini menjadi ikonik karena merupakan perpaduan ornamen kubah yang khas Turki, dipadu dengan 8 membran atau payung bernuansa masjid Nabawi Madinah. Selain itu ada perpaduan warna warna Kuning, dan hijau di dalam kubah yang menjadi ciri Melayu.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dibangun di atas lahan seluas 41.4222 M² dengan luas bangunan 57,144 M². Memiliki kubah utama terbesar di Indonesia, bentangannya mencapai 63 meter.

Kubah ini menutupi ruang salat utama. Bagian utama masjid dibangun tanpa kolom, dengan konstruksi space frame. Ruang salat utama berukuran 3.969 M2 dengan kapasitas jamaah 5.555 orang. Tinggi kubah 41 meter dan tinggi menara 12 meter.

(tan)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews