Wapres RI Beri Penghargaan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha ke Bupati Bintan

Wapres RI Beri Penghargaan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha ke Bupati Bintan

Wapres RI Jusuf Kalla berikan penghargaan kepada Bupati Bintan, Apri Sujadi. (Foto: istimewa)

Bintan - Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla (JK) memberikan tanda kehormatan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha secara langsung ke Bupati Bintan, Apri Sujadi di Auditorium Hall Jakarta Convention Centre, Senayan Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2019).

Penyerahan penghargaan tingkat nasional itu dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan Indonesia International Smart City Expo and Forum IISMEX Kurtub 2019. Disaksikan juga Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Menkominfo Rudiantara. Hadir juga seluruh gubernur, bupati, dan wali kota seluruh Indonesia.

Wapres RI, Jusuf Kalla mengatakan tanda kehormatan tersebut ditujukan pada kepala daerah yang sukses melaksanakan praktis tata kelola pemerintahan yang baik sejalan dengan platform tata kelola pelayanan publik dalam urusan penyelenggaran yang diukur melalui hasil EKPPD (Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah) dari Kemendagri.

"Saya ucapkan selamat dan apresiasi kepada gubernur, bupati dan wali kota yang menerima tanda kehormatan ini," ujarnya.

JK menegaskan pemerintah daerah harus mampu berinovasi dan menciptakan suatu kebijakan-kebijakan yang tepat. Karena dengan cara ini juga mendukung pembangunan secara nasional. 

Sinergitas pemerintah daerah dan pemerintah pusat sangat diperlukan. Karena hubungan tersebut akan menjadi pasak utama dalam keberhasilan peningkatan kesejahteraan.

"Pemerintah daerah harus inovatif juga harus aktif dalam mengeluarkan terobosan kebijakan sesuai dengan azas kemampuan dan kebutuhan," katanya.

Dari 416 kabupaten, 98 kota dan 34 provinsi di Indonesia. Hanya 7 kepala daerah yang mendapatkan penghargaan tanda kehormatan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha 2019. 

Kepala daerah yang mendapatkan penghargaan foto bersama Wapres RI Jusuf Kala

Diantaranya, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2013-2018 Muhammad Zainul Majdi, Bupati Bintan periode 2016-2021 Apri Sujadi, Bupati Powuhato periode 2016-2021 Syarif Mbuinga, Wali Kota Pekanbaru periode 2017-2022 Firdaus, Wali Kota Cimahi periode 2017-2022 Ajay Muhammad Priyatna, Wali Kota Denpasar periode 2016-2021 Ida Bagus Rai, dan Wali Kota Madiun periode 2017-2022 Sugeng Rismianto.

"Pemberian penghargaan ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor. 27/TK/2019. 7 kepala daerah terbaik yang memiliki kinerja baik dalam 3 tahun berturut-turut," jelasnya.

Lencana Hanya Bonus dari Pengabdian dan Dedikasi Apri Sujadi

Meskipun Bupati Bintan, Apri Sujadi mendapatkan penghargaan dari Wapres RI Jusuf Kalla. Namun lencana yang disematkan di bajunya itu bukanlah sebuah tujuan akhir dari kerja nyata dia. Melainkan sebuah bonus dari pengabdian dan dedikasinya dalam membangun daerah.

"Saya ucapan terimakasih atas penghargaan yang diberikan Pak JK. Penghargaan ini hanya bonus bagi saya. Saya berprinsip akan terus memberikan yang terbaik bagi daerah mungkin prinsip saya itu yang dapat perhatian," sebutnya.

Perinsip untuk mengabdi dan dedikasikan diri untuk daerah telah dilakukan ketika dia mendapatkan amanah oleh warga Kabupaten Bintan menakhodai daerah ini. 

Bupati Bintan, Apri Sujadi bercengkarama bersama kepala daerah lainnya yang menerima penghargaan

Penghargaan yang didapatkan tidak hanya ini saja melainkan dari berbagai bidang penilaian. Justru setiap penghargaan yang didapat menjadi batu loncatan untuk terus memberi bakti bagi daerah. 

"Skala prioritas tetap menjadi acuan, karena Bintan punya potensi besar untuk maju bahkan mampu bersaing dengan daerah lain," katanya.

Penyelenggaraan daerah yang dilakukan Pemkab Bintan dari 2016 hingga kini juga menjadi perhatian bagi daerah lain. Bahkan pemerintah kabupaten/kota dari wilayah bagian Barat, Tengah dan Timur Indonesia banyak yang datang untuk belajar dan mencontoh sistem yang ada di sini.

"Apresiasi kita berikan juga teruntuk seluruh steakholder maupun masyarakat yang secara langsung maupun tidak, punya andil dan sumbangsih bagi daerah ini," ucapnya. 

(advertorial)


 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews