Tugboat Perompak Kapal Asing MT Orkim Harmony Ternyata Sembunyi di Batam

Tugboat Perompak Kapal Asing  MT Orkim Harmony Ternyata Sembunyi di Batam

Panglima Koarmabar Laksamana Muda TNI Taufik memberikan keterangan pers di Mako Guskamlabar, Batam, Selasa (30/6/2015). (Foto; Iskandar)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Tim Western Fleet Quick Respon (WFQR) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) saat ini sedang memburu para perompak kapal TM Orkim Harmony yang dibajak pada 11 Juni 2015.

Setelah melakukan pengembangan Tim WFQR Koarmabar menemukan tugboat TB Malabo yang diduga digunakan sebagai sarana transportasi menuju kapal MT Orkim Harmony. TB Malabo ditemukan bersembunyi di perairan Batam di Pulau Seloko Teluk Senimba Tanjungriau, Batam, Sabtu (20/6/2015) lalu.

"Beberapa waktu lalu Tim WFQR Koarmabar menemukan kapal TB Malabo yang diduga sebagai sarana transportasi perompak menuju MT. Orkim Harmony," ujar Panglima Koarmabar Taufik di Mako Guskamlabar, Selasa (30/6/2015).

Taufik menambahkan, kapal TB Malabo ditemukan tanpa awak. Tim WFQR Koarmabar saat ini sedang melakukan pengejaran terhadap kelompok yang diduga terhubung dengan para pelaku perompak yang onboard di TB Malabo.

MT Orkim Harmony dibajak perompak di perairan Malaysia. Pembajakan berhasil digagalkan setelah otoritas Malaysia, Koarmabar, Singapura dan Vietnam meringkus perompak di perairan Vietnam.

Namun, tugboat yang yang digunakan sebagai alat transportasi berhasil lolos dan bersembunyi di perairan Indonesia.

Seluruh ABK MT Orkim Harmony berhasil diselamatkan. Tapi satu ABK terkena luka tembak akibat keberaniannya melawan perompak. 

Sementara delapan orang perompak yang diamankan di perairan Vietnam menjadi otoritas Vietnam dan akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

[is]

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews