Minta 10 Menteri ke Jokowi, Ini 3 Kursi Menteri Langganan PKB

Minta 10 Menteri ke Jokowi, Ini 3 Kursi Menteri Langganan PKB

Jokowi saat buka puasa di istana negara. (Foto: liputan6)

Jakarta - Capres terpilih Jokowi mulai 'meracik' susunan Kabinet Kerja Jilid II. Partai koalisi Jokowi mulai terang-terangan meminta jatah menteri kepada Jokowi. Tak terkecuali Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Bahkan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin secara terang-terangan berharap mendapat 10 jatah menteri dalam pemerintahan Jokowi periode 2019-2024.

"Semoga dari PKB yang masuk DPR ada 60 orang, dan semoga 10 menteri dari PKB," kata Cak Imin, Sabtu (18/5/2019).

Jika melihat ke belakang, beberapa posisi menteri selalu diisi kader PKB termasuk era Jokowi. Ini dia posisi menteri yang diisi kader PKB:


1. Menteri Ketenagakerjaan

Pos menteri yang menjadi langganan PKB adalah Kementerian Ketenagakerjaan. Mulai dari era Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) dalam Kabinet Indonesia Bersatu posisi Menteri Ketenagakerjaan diisi Erman Soeparno dan Muhaimin Iskandar.

Saat Pemerintah Jokowi, PKB kembali mendapat posisi Menteri Ketenagakerjaan diisi oleh Hanif Dhakiri. Dalam beberapa kali reshuffle yang dilakukan Presiden Jokowi, posisi Hanif Dhakiri selalu aman dan tidak tergantikan.

 

2. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

Saat Kabinet Indonesia Bersatu era Presiden SBY, PKB kembali mendapat posisi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi yang diisi oleh Saifullah Yusuf, kemudian digantikan oleh Muhammad Lukman Edy.

Kader PKB kembali dipercaya mengisi posisi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II yakni Helmy Faishal Zaini.

Saat Presiden Jokowi menjabat Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tetap diisi oleh kader PKB yakni Marwan Ja'far. Kemudian posisi Marwan digantikan oleh Eko Putro Sandjojo.

 

3. PKB Incar Posisi Mendikbud

Selain meminta jatah 10 menteri dalam pemerintah Jokowi periode 2019-2024, PKB berharap mendapat jatah posisi Menteri Pendidikan, hal ini dikatakan oleh Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal.

Cucun mengklaim selama ini PKB selalu konsentrasi pada dunia pendidikan. Kata dia, banyak hal yang harus diperhatikan dari dunia pendidikan di Indonesia.

"(Harapan posisi menteri?) ya pendidikan," kata Cucun Ahmad Syamsurijal.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews