7 Momen Mengharukan Meninggalnya Ustaz Arifin Ilham

7 Momen Mengharukan Meninggalnya Ustaz Arifin Ilham

alm. Ustaz Arifin Ilham saat masih menjalani perawatan. (Foto: instagram)

Jakarta - Kepergian Ustaz Arifin Ilham untuk selama-lamanya menjadi kabar duka yang menghampiri di pertengahan pekan ini. Da'i yang menjadi panutan banyak jamaah ini menghembuskan napas terakhirnya setelah berjuang melawan kanker kelenjar getah bening yang diidapnya setelah beberapa waktu lalu.

Meninggal dunia pada, Rabu (22/5/2019), Arifin Ilham kini telah beristirahat dengan tenang. Berikut di antara momen duka atas meninggalnya sang ustaz.

 

1. Meninggal di Penang, Malaysia

Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia saat tengah menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Penang, Malaysia. Sempat dikabarkan kritis, kondisi almarhum sempat stabil namun drop dan menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu (22/5/2019), pukul 22.45 malam.

 

2. Meninggal dunia didampingi tiga 'bidadari'

Saat menghembuskan napas terakhirnya, ustaz Arifin Ilham dikelilingi oleh orang-orang yang dicintainya. Termasuk tiga istrinya, Yuni Djamaluddin, Rania, dan Ummin Akhtar.

"Saat ustaz meninggal ada Mama, Kokom, Kak Hazar, Yuni, Vema (Ummi Akhtar), dan Nia, istri-istri ustaz," kata Kokom, sang adik, Kamis (23/5/2019).


3. Jenazah almarhum Ustaz Arifin Ilham tampak tersenyum dan bercahaya

Ustaz Ahmad Al Habsyi memposting foto wajah jenazah Ustaz Arifin Ilham di Instagram. Wajahnya terlihat tenang dan tersenyum.

Ahmad Alhabsyi pun takjub melihat foto tersebut. Dia menyebut wajah Arifin Ilham bercahaya

"MASYA ALLAH.... Beliau meninggal dalam keadaan yang sangat tenang, wajahnya bercahaya dan bibirnya tetap mengguratkan senyum," ujar Alhabsyi yang mengabadikan wajah almarhum Arifin Ilham di Instagram pribadinya.

 

4. Tokoh hingga ulama turut hadir di momen meninggalnya Ustaz Arifin Ilham

Dari Penang, Malaysia, jenazah Arifin Ilham diterbangkan dan tiba di bandara Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 15.58 WIB sore. Jenazah diantar dengan pesawat jet.

Dalam proses penantian kehadiran jenazah almarhum sang ustaz, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Kapolri, dan Zulkifli Hasan juga ikut menunggu. Sahabat, seperti Derry Sulaiman dan Ustaz Yusuf Mansur juga turut mendampingi.

 

5. Ribuan jemaah sambut jenazah Ustaz Arifin Ilham

Jenazah Ustaz Arifin Ilham langsung dibawa ke pondok pesantren Az Zikra di Gunung Sindur. Jenazah disalatkan di Masjid Azzikra, Sentul Bogor Jawa Barat.

Ada ribuan jemaah yang mensalatkan almarhum sang ustaz. Mereka juga berzikir selama menanti kedatangan jenazah Arifin Ilham.

 

6. Keinginan Ustaz Arifin Ilham dimakamkan di malam Jumat terkabul

Campur tangan Allah SWT mengabulkan segala keinginan almarhum ustaz Arifin Ilham. Salah satu keinginan ustaz yakni meninggal pada hari Jumat.

Meski sebenarnya ustaz Arifin Ilham meninggal pada hari Rabu, 22 Mei 2019, Tuhan punya jalan sendiri mengabulkan keinginan sang ustaz. Putra ustaz Arifin Ilham, Ameer, mengaku dia dan kakaknya sudah mempunyai firasat sang ayah akan berpulang ke Yang Maha Kuasa.

"Secara medis dokter juga sudah bilang besok atau lusa. Secara medis wallahualam," ungkap Ameer di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (23/5/2019).

"Jenazah memang minta dikubur malam Jumat. Delay ini rasanya ada juga bagian dari keinginan ustaz sendiri. Kalau malam Jumat kan sudah masuk hari Jumat," sambung ustaz Yusuf Mansur.

 

7. Wasiat Arifin Ilham, dimakamkan di samping Masjid Gunung Sindur

Ustaz Arifin Ilham sudah membuat wasiat kematian. Dia menuliskannya dalam susunan kalimat yang dipostingnya pada 29 April 2019. Dalam tulisannya, sang ustaz sudah mewasiatkan dirinya ingin disalatkan dua kali dan dia pun sudah mempersiapkan makam beserta kain kafannya.

"Jazaakumullah semua doa dan kasih sayang duhai ikhwahku Fillah dan keluarga Az Zikra tercinta tillah InsyaAllah kalau lebih dahulu MENGHADAP Allah, pertama sholat di mesjid Az Zikra Sentul dan kemudian sholat kedua di mesjid Gunung Sindur. Kuburan disamping mesjid Gunung Sindur yg telah arifin siapkan dg kain kapannya," pesan ustaz Arifin Ilham.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews