Disnaker Sebut Bintan Alumina Butuh 500 Tenaga Kerja

Disnaker Sebut Bintan Alumina Butuh 500 Tenaga Kerja

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, lokasi PT BAI. (Foto: ist)

Bintan - PT Bintan Alumina Indonesia dikabarkan akan menyerap sekitar 500 tenaga kerja pada Agustus mendatang.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bintan, Indra Hidayat menuturkan PT BAI akan meneruskan program perekrutan tenaga lokal untuk bekerja di perusahaan tersebut.

"Hingga saat ini, PT BAI sudah pekerjakan 1.500 orang di proyeknya. Agustus mendatang akan ada pembangunan lagi dan membutuhkan tenaga kerja lagi sebanyak 500 orang," ucapnya, saat dijumpai di Hotel Bhadra Resort, Kecamatan Toapaya, Selasa (26/3/2019).

Sebelumnya pelatihan kerja bagi masyarakat Kabupaten Bintan dibuka PT Bintan Alumina Indonesia (BAI). Namun sayangnya peminat pelatiah kerja oleh Perusahaan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang ini sepi peminat.

Dari 5-26 Maret 2019, hanya 11 orang yang mendaftarkan diri. Padahal mereka semua bisa dilatih sesuai bidangnya di Tiongkok.

Indra Hidayat mengatakan bagi yang mengikuti pelatihan di Tiongkok juga memiliki kesempatan untuk bekerja di PT BAI. Namun program ini sepi peminat.

"Kuota kerja dan pelatihan kerja yang dibuka PT BAI sebanyak 84 orang. Namun dari dibukanya program ini sampai penutupan hanya 11 orang yang melamar," ujar Indra.

Minimnya pelamar, kata Indra, dikarenakan beberapa persyaratan seperti dikhususkannya bagi pelamar yang lulusan S1. Kemudian juga jurusan tertentu seperti S1 Jurusan Mekatronik atau Elektrik Otomasi, Kontrol Thermal, Kimia Industri, Mesin dan Otomatik Kontrol.

"Untuk memenuhi kebutuhan pekerja yang akan dilatih ke Tiongkok, PT BAI akan berkoordinasi dengan Politeknik (Poltek) Batam," jelasnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews