Huat Kue, Sajian Wajib Hari Raya Imlek 2570

Huat Kue, Sajian Wajib Hari Raya Imlek 2570

Huat kue adalah kue yang wajib ada untuk sembayang di tanggal cina (Foto:Johannes Saragih/Batamnews)

Batam - Hari Raya Imlek ke 2570 jatuh pada 5 Februari 2019. Ada kue spesial yang akan menambahkan sajian ibadah warga Tionghoa yakni, Huat Kue.

Huat Kue merupakan sajian yang berasal dari tepung beras. Kue ini wajib disajikan dalam ibadah setiap tanggal China yaitu, tanggal 1-15 setiap bulannya.

Kue ini memiliki dua warna, pertama berwarna pink, kemudian berwarna coklat dengan bintik merah. Saat ini Huat Kue tersedia di Batam Fruit Center.

Setiap pembeli yang datang ke grai tersebut terlihat memasukkan kue ini ke dalam keranjang mereka. Septi Hoo, pedagang perlengkapan Imlek mengatakan, Hiat Kue ini memang merupakan kue wajib setiap tanggal muda.

“Ini wajib ada setiap sembahyang 15 hari pertama bulan,” katanya.

Lanjut dia, kewajiban menghadirkan Huat Kue saat ibadah di tanggal muda merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang.

“Ini merupakan tradisi dari buyut agar bisnis lancar. Kebetulan Imlek tahun ini jatuh di tanggal muda. Huat sendiri memiliki arti hoki,” ucapnya.

Huat Kue dibanderol dengan harga bervariasi, tergantung dengan ukuran dan warna kue. Huat Kue mulai dijual dengan harga Rp12.000 hingga Rp30.000 tergantung ukuran.

Dari kedua warna Huat Kue juga diberi harga berbeda. Untuk Huat Kue berwarna coklat sedikit lebih mahal dari warna pink karena kue ini terdampat campuran kentang pada adonannya. Huat Kue berwarna Coklat juga lebih laris dibanding warna pink karena rasanya lebih disukai pembeli.

(das)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews