Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki Jadi Moderator Debat Capres, Siapa Mereka?

Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki Jadi Moderator Debat Capres, Siapa Mereka?

Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki (Foto: Ist)

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum akhirnya memilih dua orang moderator debat kedua Pilpres 2019 antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Keduanya adalah Tomi Tjokro dan Anisha Dasuki. 

Keduanya adalah jurnalis senior televisi swasta. Hanya saja KPU belum mengkonfirmasi mengenai kesediaan keduanya.

“Kami sudah menyepakati moderatornya ada dua. Tomi Tjokro dan Anisha Dasuki,” kata Arief usai rapat bersama kedua timses di KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/1).

KPU akan menghubungi kedua terlebih dahulu. Jika bersedia, keduanya akan ditetapkan sebagai pemandu debat.

"Kalau yang bersangkutan tidak bersedia, maka batal. Usulan yang sudah disepakati tadi seperti itu,” imbuhnya. 

Selain moderator, KPU juga menentukan sejumlah sosok panelis yang berasal dari akademisi sejumlah kampus. Namun, KPU belum bisa mengumumkannya ke publik karena harus lebih dulu dikonfirmasi yang bersangkutan. 

“Ada akademisi dari UI, ITB, IPB, UNDIP, Walhi, UGM, dan Universitas Airlangga. Beberapa nama sudah kita masukan. Tapi nanti kita umumkan kalau yang bersangkutan sudah konfirmasi menyatakan bersedia,” terang Arief. 

Kemudian, lanjut Arief, ada format perubahan durasi waktu dalam debat nanti. KPU bersama kedua timses akan menyediakan satu segmen dengan durasi selama 10 menit bagi kedua paslon untuk menjawab maupun menanggapi pertanyaan. 

“Kita akan berikan utuh 10 menit kepada moderator untuk bertanya kepada paslon dan paslon bisa saling memjawab dan menanggapi. Jadi tidak dibatasi waktu 1 menit, 2 menit. Tapi ini hanya satu segmen,” jelas Arief. 

Selain itu, pada debat kedua pilpres nanti, masing-masing pendukung tidak lagi berada di belakang paslon, melainkan berada di belakang moderator atau di hadapan paslon. Hal ini bertujuan agar para penonton melalui televisi bisa fokus kepada paslon. 

KPU juga telah menyepakati bahwa akan ada kamera live yang menyiarkan kedua kandidat capres saat dalam perjalanan dari kediamannya menuju lokasi debat. Hal itu juga bertujuan agar para kandidat bisa saling berkomunikasi terkait persiapan menjelang debat.

“Hal baru yang kita tampilkan nanti akan ada kamera yang terus mengikuti perjalanan paslon dari tempatnya masing-masing menuju ke lokasi debat. Ini publik bisa mengetahui perjalanan masing-masing paslon. Nanti kita upayakan masing-masing paslon bisa komunikasi sepanjang perjalanan ke lokasi debat,” terang Arief. 

“Mudah-mudahan ini bisa jadi prolog bertukar kabar masing-masing paslon sebelum debat di mulai. Ini bisa menunjukkan kultur kita yang ramah tamah di budaya kita antar masing-masing paslon,” imbunya. 

Nantinya dalam debat kedua, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto akan lebih dulu menyampaikan visi misinya, kemudian disusul oleh capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi). Sedangkan pada saat closing statment debat, Jokowi akan lebih dulu menyampaikan, kemudian disusul oleh Prabowo.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews