Fantastis, Harga De Tomasso Pantera Bekas Hampir Semiliar

Fantastis, Harga De Tomasso Pantera Bekas Hampir Semiliar

De Tomaso Pantera selundupan dikemas dalam kontainer khusus. (Foto: istimewa)

Batam - Jajaran Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV melalui Tim Unit I Kejahatan dan Kekerasan Laut (Jatanrasla) bersama Dispamal dan Satgas Bais TNI berhasil menggagalkan upaya penyelundupan tiga mobil mewah ke Jakarta. 

Ketiga mobil mewah tersebut disimpan di Gudang Batam Trans milik LT yang terletak di kawasan Kampung Air RT 11 RW 4, Batam Center, tepatnya di belakang Kawasan Industri Kara. 

Sekilas gudang tersebut hanyalah gudang biasa berisikan puluhan tumpukan kontainer yang tersusun rapi. Namun di dalamnya tersimpan tiga mobil mewah bernilai miliaran rupiah. 

Salah satu mobil yang paling membuat mata takjub ketika melihatnya adalah mobil sport De Tomaso Pantera. Mobil ini juga terlihat spesial dalam penyimpanannya. Berjarak satu kontainer dari dua mobil lainnya dan ditutupi oleh palang kayu pada pintu sisi dalam kontainer

Mobil berwarna merah ini merupakan produksi Italia, hasil kolaborasi pabrikan De Tomaso dan Ford. Dari kolaborasi ini, mobil tersebut dibenamkan mesin Ford 351 V8 yang bisa menghasilkan 330 hp.

Mobil ini diproduksi antara tahun 1971 hingga 1980. De Tomaso Pantera pertama kali diperkenalkan di Modena Italia pada Maret 1970 dan dipamerkan dalam ajang New York Motorshow dalam beberapa pekan kemudian. 

De Tomaso Pantera rakitan tahun 1972. (Foto: Pole Position)

Pada tahun pertama saat diproduksi massal, De Tomaso Pantera ludes terjual. Bahkan setiap harinya, pabrikan di Italia harus memproduksi tiga unit mobil.

Mobil ini juga bisa menempuh kecepatan 90km/jam dalam jangka waktu 5,5 detik. Pada musim panas 1971, De Tomaso memproduksi dua tipe berbeda dari Pantera ini untuk wilayah Amerika dan Eropa.

Sumber Batamnews.co.id di Jakarta menyebut saat ini di pasar Amerika, De Tomaso Pantera bekas rakitan 1972 dalam kondisi terbaik dihargai 67 ribu USD atau setara Rp 938 juta dengan kurs Rp 14 ribu / dollar Amerika. 

"Mobil ini sangat terbatas namun paling diminati para kolektor," kata sumber.

Mobil mewah ilegal ini merupakan salah satu dari tiga mobil yang gagal diselundupkan dari Singapura ke Jakarta. Mobil ini, hingga saat ini belum masuk dalam pasar otomotif Indonesia.

Dua mobil lainnya, yakni Nissan Skyline GTR 33 warna putih, tahun 2000, Nissan Skyline GTR 34, tahun 2000 juga berharga fantastis.

Nissan Skyline merupakan mobil favorit para penggila mobil mewah di ibu kota. Harganya bisa menyentuh Rp 2 miliar per unit untuk kondisi terbaik tanpa memandang tahun rakitan.

(das)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews