Dispar Kepri Siapkan 200 Iven Wujudkan Target Kunjungan 4 Juta Wisman

Kepala Dinas Provinsi Kepri Buralimar.

Batam - Kementerian Pariwisata RI menargetkan 4 juta wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Kepri. Angka tersebut terbilang besar dan Dinas Pariwisata Provinsi Kepri sudah menyiapkan sejumlah program untuk mewujudkan target tersebut. 

Kepala Dinas Provinsi Kepri Buralimar mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah iven maupun program pada tahun ini.

"Kita sudah ada hampir 200 iven selama 2019 yang akan menunjang kunjungan wisman ke sini," kata Buralimar kepada Batamnews.co.id, Senin (14/1/2019). 

Ia mengatakan, dari 200 iven 2019 tersebut sebanyak satu iven masuk 10 top se-Indonesia, lima masuk 100 top Indonesia. 

"Enam iven unggulan itu diantaranya, Festival Penyegat, Festival Bahari Kepri, International Bintan Marathon, The Tour de Bintan, Batam International Culture Carnival," katanya.
 
Sedangkan terdapat 46 iven unggulkan lainnya yang berkemungkinan mendatangkan turis. "Iven yang lain menyesuaikan," katanya. 

Buralimar tidak hanya mengandalkan iven kalender 2019 tetapi juga akan bekerjasama dengan stakeholder lain, baik pemerintah maupun swasta. "Ini tidak bisa kita lakukan sendiri-sendiri," kata dia. 

Menurut dia, saat ini pradigma penyelenggaraan iven tidak lagi soal ramai atau pesta rakyat, tetapi bagaimana mendatangkan wisman. "Kalau yang iven dimasukkan pemerintah kota/kabupaten, banyak acara lokal seperti STQ maupun acara ulang tahun daerah itu sendiri." katanya. 

Padahal lanjut Buralimar, potensi Kepri sangat besar mendatangkan wisman."Makanya potensi besar itu kita juga memiliki target yang besar, mudah-mudahan tercapai," katanya.

(tan)


Berita Terkait