Pesawat Mendarat Darurat, Angela Merkel Absen di Pembukaan KTT G20

Pesawat Mendarat Darurat, Angela Merkel Absen di Pembukaan KTT G20

Pesawat yang ditumpangi Angela Merkel saat mendarat darurat di Kota Koln. (Foto: Reuters).

Koln - Pesawat yang ditumpangi Kanselir Jerman Angela Merkel tujuan Argentina pada Kamis (29/11) mendarat darurat di Cologne.

Pendaratan tersebut dilakukan setelah pesawat  mengalami masalah teknis. Merkel dan rombongan ada dalam perjalanan menuju Argentina untuk menghadiri KTT G20 yang juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Menindaklanjuti masalah teknis, pesawat telah mendarat dengan selamat di Cologne," sebut keterangan kantor Kanselir Jerman, seperti dikutip dari AFP.

Angkatan Udara Jerman memastikan tak ada unsur kriminal yang menyebabkan pesawat Kanselir Angela Merkel mendarat darurat.

Dugaan terjadinya tindakan kriminal yang membuat perjalanan Merkel ke KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, tertunda sempat mencuat.  

Menanggapi dugaan tersebut, AU Jerman melakukan investigasi menyeluruh. Hasilnya, tak ada hal mencurigakan yang sampai menyebabkan pendaratan darurat.

"Kami melakukan pemeriksaan standar, peralatan komunikasi (di pesawat kenegaraan) rusak," ucap juru bicara AU Jerman, seperti dikutip Reuters, Jumat (30/11).

Sebelumnya, media Der Spiegel mengutip sumber pemerintahan mengatakan, kerusakan terdapat pada sistem komunikasi. Oleh karenanya, pesawat Airbus A340 itu terpaksa mendarat darurat.

Saat alat komunikasi rusak, ketika pendaratan darurat kru pesawat menggunakan telepon satelit. 

Merkel dan rombongan kini telah tiba di Argentina menggunakan pesawat pengganti. Walau berhasil sampai, karena masalah tersebut Merkel absen pada upacara pembukaan KTT G20.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews