Buya Syafii: Lepaskan Pemuda Muhammadiyah dari Kepentingan Politik

Buya Syafii: Lepaskan Pemuda Muhammadiyah dari Kepentingan Politik

Buya Syafii Maarif. (Foto: Geotimes).

Yogyakarta - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif, turut menitipkan pesan untuk Muktamar Pemuda Muhammadiyah yang masih berlangsung di Yogyakarta. Buya meminta agar Pemuda Muhammadiyah lepas dari kepentingan politik.

"Pemuda (Muhammadiyah) ini kan sudah dikenal selama ini sebagai pemuda sayap politik Muhammadiyah. Kalau bisa, menurut saya, stigma ini dibuanglah," kata Buya melalui video yang dibagikan aktivis Muhammadiyah, David Krisna, Selasa (27/11/2018).

Buya agar Pemuda Muhammadiyah lebih mewakili pemuda Indonesia, tanpa terseret pada kepentingan politik praktis. 

"Jadi pemuda, ya pemuda yang mewakili pemuda bangsa Indonesia. Jadi mereka lebih mengerti bahwa tuntutan masa depan itu kan peran pemuda sangat besar. Peran pemuda jangan partisan," tegasnsya.

Ia meminta agar ke depannya Pemuda Muhammadiyah juga dalam melakukan pengkaderan untuk mengikuti empat jenjang. Mulai dari kader kebangsaan hingga kader perserikatan.

"Saya katakan ada urutan pengkaderan itu, yaitu urutan kader kemanusiaan, kader kebangsaan, kader keumatan, baru kemudian kader perserikatan. Jadi ini bisa terwujud dalam satu pribadi. Itu kan sebetulnya bukan terpisah-pisah begitu, tapi dalam bentuk satu wawasan dalam bentuk pemikiran bahwa kita ini bagian dari manusia," pungkasnya.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews