Gandeng Operator Seluler, Pemko Segera Uji Coba e-Parking di Batam

Gandeng Operator Seluler, Pemko Segera Uji Coba e-Parking di Batam

Parkir di Batam.

Batam - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam akan memulai uji coba elektronik Parking (e-Parking) pada Desember mendatang. Untuk tahap awal ini, akan diujicoba 100 titik e-parking.

"Setiap titik akan dijaga oleh 1 jukir dan handphonenya dari operator seluler Telkomsel. Makanya kita buat kerjasamanya dulu," ujar Kepala UPT Parkir Dinas Perhubungan Kota Batam, Alexander Banik, Rabu (13/11/2018).

Alex menyampaikan e-parking ini akan dikoneksikan ke tiket Telkomsel (t-cash). Sehingga masyarakat dapat mengisi saldonya melalui tiket tersebut.

"Makanya kita harus kerjasama dulu untuk mengoneksikan e-parking Batam sama tiket itu, pembeliannya juga bisa di Indomaret, Alfamart," kata dia.

Setiap orang nantinya harus memiliki 2 aplikasi diantaranya aplikasi e-parking dan t-cash.

"Aplikasi itu tak bisa sembarangan. Harus ada kerjasama," kata dia.

Alex menambahakan tahap pertama wilayah uji cobanya, e-parkir ini akan diterapkan di daerah perkantoran yang halaman kantornya menggunakan badan jalan, seperti ruko.

"Misalnya seperti bank yang ada di ruko. Kalau area kawasan PT, tak mungkin berbayar. Kalau kita terapkan di pasar, belum semua masyarakat kita mengerti dan memiliki ponsel android," kata Alex. 

Saat ini pihaknya sedang mengupayakan kerjasama dengan pihak lain terkait  penyelenggaraan dan teknis e-Parking. Setelah itu, Dishub segera sosialisasi kepada masyarakat kota Batam.

"Harapan kita awal tahun sudah bisa dijalankan. Sosialisasi dan uji cobanya akan kita lakukan setelah MoU ini,” ujarnya.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews