Anak Susah Makan Ikan? Ini Triknya Buat si Bunda

Anak Susah Makan Ikan? Ini Triknya Buat si Bunda

Ilustrasi

Batam - Kalau anak makannya lahap dan suka semua jenis makanan, Bunda pasti senang deh. Tapi, kalau anak pilih-pilih makanan, Bunda jadi pusing kan? Apalagi anak yang tidak suka makan ikan. Biasanya, anak tidak suka ikan karena banyak durinya atau karena baunya yang amis.

Tapi jangan khawatir, menurut ahli gizi klinis, dr Ida Gunawan, sebenarnya, Bunda bisa mengakali agar anak tetap makan ikan. Pasalnya, anak biasanya hanya fokus pada tampilan makanan, bukan rasanya. Jadi kalau sudah lihat makanan bentuknya ikan, anak jadi nggak mau makan karena sudah terbayang dengan duri dan bau amisnya. 

"Jangan kelihatan bentuk ikan dan bentuk kawan-kawannya. Kalau dia lihat bentuknya, dia langsung nolak. Ibunya harus bikin supaya tidak ada bentuk ikan itu," kata Ida.

Ia menjelaskaj, ketika anak tidak ingin makan ikan, Bunda dituntut untuk kreatif. Bagaimana supaya anak mau makan tanpa dia sadar bahwa itu adalah ikan. Caranya beragam, bisa dengan membentuknya menjadi nugget. Umumnya anak-anak kan sangat suka makan nugget ya, Bun. Atau, ikan bisa juga dikreasikan menjadi dimsum. 

Untuk menyamarkan bau amisnya, Bunda bisa mencampur ikan dengan berbagai bumbu seperti bawang merah dan bawang putih. Kalau anak benar-benar tidak suka bau amis ikan yang menyengat, Bunda bisa mulai mengenalkan ikan air tawar seperti lele, gurame, dan ikan nila yang bau amisnya lebih rendah.

Makan merupakan kebiasaan yang tertanam sejak dini. Makanya, Bunda perlu mengenalkan beragam makanan, termasuk ikan sejak anak mulai belajar makan. Ketika anak beranjak besar dan menolak makan ikan, jangan menyerah ya.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews