Viral Foto Jokowi Seolah Payungi Anies Saat Hujan Deras

Viral Foto Jokowi Seolah Payungi Anies Saat Hujan Deras

Anies terlihat memegang payung yang belum dibuka, sedangkan Jokowi sudah membuka payungnya. (Foto: detik.com)

Jakarta - Sebuah foto yang menampilkan Presiden Joko Widodo tampak seperti memayungi Gubernur DKI Anies Baswedan, menuai sorotan. Peristiwa itu terjadi usai penyerahan 5.000 sertifikat tanah di Lapangan Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (23/10) sore.

Foto yang beredar di media sosial itu adalah hasil jepretan Biro Pers Sekretariat Kepresidenan. Terlihat Jokowi, yang berkemeja putih, memegang payung biru bertulisan 'ATRBPN' dengan tangan kirinya. Jokowi berdiri di depan Anies, yang memegang payung serupa dalam kondisi tertutup. Keduanya tampak tersenyum. 

Di media sosial, ada yang menyebut itu sebagai momen 'DKI-1 dipayungi RI-1'. Ada beberapa komentar yang bertanya mengapa Anies tidak membuka payung sendiri. 

Sebenarnya, bagaimana kejadiannya? 

Saat Jokowi datang ke lokasi, langit sedang mendung, tapi warga sudah berkumpul di bawah tenda yang didirikan di tengah lapangan.

Jokowi sempat bersalaman dan berfoto dengan warga sebelum acara dimulai. Setelah itu, Jokowi duduk di panggung berdampingan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Jalil.

Acara dibuka dengan menyanyikan bersama lagu 'Indonesia Raya'. Setelah Anies dan Sofyan menyampaikan laporan, giliran Jokowi yang berpidato.

Di tengah pidato, hujan deras mengguyur lokasi acara. Jokowi pun meminta warga yang terkena rintik hujan dari tampias tenda bergeser. "Yang kena hujan, maju ke sini (mendekat ke panggung), ke sini, nggak apa, bawa saja bangkunya," kata Jokowi kepada warga.

"Hujan ini adalah barokah," kata Jokowi.

"Amin," kata warga.

Jokowi kemudian melanjutkan pidatonya hingga selesai. Meski demikian, hujan terus mengguyur.

Jokowi kemudian meninggalkan lokasi acara di tengah hujan deras. Dia lantas mengambil payung berwarna biru yang dibawa oleh ajudan. Dia membuka payung itu dan memegangnya sendiri. Saat Jokowi membuka payung, Anies dan beberapa pejabat lain masih ada di belakang Jokowi, yaitu di bawah naungan tenda. 

Sambil memegang payung sendiri, Jokowi berjalan ke arah mobil. Beberapa pejabat ikut di belakang Jokowi dengan memegang payung masing-masing juga, salah satunya Anies Baswedan. Jokowi kemudian masuk ke mobil dan berpisah dengan para pejabat itu.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews