Ingin Lolos CPNS? Pilih Formasi yang Sepi Peminat, Ini Daftarnya

Ingin Lolos CPNS? Pilih Formasi yang Sepi Peminat, Ini Daftarnya

Jakarta - Keinginan menjadi Pegawai Negeri Sipil dimiliki oleh sebagian orang. Namun untuk mewujudkannya memang tak muda, karena satu posisi bisa diperebutkan ribuan orang.

Ada salah satu cara yang bisa ditempuh seseorang yang ingin menjadi PNS. Pelamar bisa memilih formasi yang ditawarkan namun sepi peminat.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan melaporkan, beberapa instansi yang kini masih sepi peminat antara lain Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), hingga Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

"Yang paling rendah sekarang BNPT, dia 171 orang. Kedua BKPM, 212 orang. Ketiga Sekjen (Sekretariat Jenderal) Komisi Yudisial, 219 orang. Terus juga ada Kemenko Polhukam, 233 orang," sebut dia saat dihubungi Liputan6.com, Senin (8/10/2018).

Menyiasati jumlah pelamar yang sedikit di instansi-instansi ini, dia mengatakan, pihaknya coba mengandalkan media sosial untuk menyebarluaskan informasi ini dan berharap calon pelamar juga mau mendaftarkan diri di tempat tersebut.

Ridwan mengaku, upaya itu terbukti ampuh. "Cara itu ngaruh. Kayak BNPT saja, beberapa hari lalu jumlah pelamarnya masih berapa belas. Sekarang sudah 171 orang," jelasnya.

BKN memang terbilang gencar untuk mengabarkan beberapa instansi dengan jumlah pelamar sedikit. Seperti yang disuarakan akun Twitter @BKNgoid pada Rabu (3/10/2018), terdapat lima instansi pusat dengan jumlah pelamar paling rendah di CPNS 2018.

Saat itu, Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial menjadi instansi dengan jumlah pelamar paling sepi, yakni hanya enam orang. Kemudian diikuti BNPT (18 orang), Setjen Wantannas (22 orang), BKPM (26 orang), dan Kemenko Polhukam (35 orang).

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews