BMKG Imbau Masyarakat Kepri Tak Termakan Isu Hoax Prediksi Gempa

BMKG Imbau Masyarakat Kepri Tak Termakan Isu Hoax Prediksi Gempa

Ilustrasi

Batam - Banyaknya informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan beredar di media sosial (Medsos) terutama soal prediksi gempa bumi dan tsunami, menjadi perhatian serius Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), termasuk Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam.

Bahkan, untuk mencegah warga mengkonsumsi informasi tersebut secara mentah, BMKG Kelas I Hang Nadim mengeluarkan imbauan secara resmi yang menyatakan bahwa gempa bumi dapat terjadi setiap saat. Tapi, hingga saat ini belum ada teknologi yang mampu memprediksi kapan gempa bumi itu akan terjadi.

"Untuk itu, diimbau kepada masyarakat khususnya di Provinsi Kepri agar tidak menanggapi isu-isu yang tidak bertanggung jawab terkait prediksi gempa bumi dan dimohon untuk memperhatikan informasi resmi dari BMKG," tulis imbauan yang ditandatangani oleh Kepala BMKG Batam, I Wayan Mustika itu, Selasa (2/10/2018) kemarin.

Diketahui, imbauan tersebut disampaikan karena beredarnya informasi yang meresahkan masyarakat di medsos pasca kejadian gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah dengan kekuatan 7,4 SR dan terkait isu-isu prediksi kejadian gempa bumi yang akan terjadi.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews