PGN Batam Belum Peroleh Besaran Angka Kenaikan Harga Gas

PGN Batam Belum Peroleh Besaran Angka Kenaikan Harga Gas

Sales Area Head PGN Batam, Amin Hidayat.

Batam - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk menaikkan tarif gas bumi. PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk memastikan harga gas untuk Kota Batam, Kepulauan Riau akan naik.

"Harga gas (di Batam) pasti naik," ujar Sales Area Head PGN Batam, Amin Hidayat saat mengunjungi pipa PT Transformasi Gasindo Indonesia (TGI) di Pulau Pemping, Kamis (27/9/2018).

Namun, ia mengatakan belum bisa menyebutkan angka kenaikan tarif gas bumi, karena masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat. 

"Angkanya belum ada, pasti ada harga baru," kata dia.

Walaupun akan mengalami kenaikan tarif gas bumi. Namun ia berharap kenaikan ini tidak berpengaruh negatif terhadap perekonomian Kota Batam.

“Kota Batam beberapa waktu lalu perekonomiannya mengalami sedikit penurunan, perubahan ini kita harapkan tidak mengganggu pertumbuhan ekonomi, kita bisa kompetitif untuk daerah sekitar,” ujarnya.

Kenaikan harga gas bumi ini terjadi karena kontrak PGN dengan ConocoPihilips telah berakhir pada Oktober 2018 ini.

Sebelumnya, pasokan gas bumi dari ConocoPhillips sepenuhnya diberikan kepada PGN untuk memenuhi kebutuhan gas bumi di Batam termasuk ke sektor kelistrikan. 

Kemudian, atas permintaan PLN ke Menteri ESDM, mulai minggu pertama bulan Oktober 2018 diputuskan, pasokan gas dari ConocoPhillips sebesar 40 BBTUD untuk sektor kelistrikan diberikan langsung ke PLN tanpa melalui infrastruktur pipa gas bumi PGN.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews