Permainan Kelangkaan BBM di Batam Terkuak, ke Mana Pertamina?

Permainan Kelangkaan BBM di Batam Terkuak, ke Mana Pertamina?

Sebuah mobil Xenia yang dicurigai tengah memindahkan BBM jenis Premium ke jeriken usai menyedot di sebuah SPBU di Batam (Foto: Ist/Batamnews)

Batam - Dugaan permainan BBM jenis Premium di Kota Batam viral di media sosial, Jumat (21/9/2018). Diduga modus ini menyebabkan BBM jenis Premium di Batam mengalami kelangkaan.

Penyeludupan itu diviralkan oleh akun Willhard Simorangkir di Fecebook. Status itu dipostingnga Kamis (21/9/2018) lalu, ditangapi 2534 akun, dikomentar 1226.

Willhard bercerita, ketika nganti cuci mobil di Pom Bensin Merapi Subur, Tembesi, Batuaji, ia melihat mobil Xenia abu-abu BP 1030 JR bolak balik mengisi minyak jenis Premium. 

"Pantesan Premium langka di Batam, rupanya ada mobil Xenia BP 10** JR yang isi premium full, terus selang beberapa menit balik lagi isi full lagi," katanya.

Baca juga: Pria yang Membongkar Mafia Kelangkaan BBM di Batam Diancam

Ia melanjutkan, diamati selama 1 jam terhitung mobil dengan plat nomor yang sama isi premium sudah 6 kali. "Aku hitung 6 kali mobil itu isi minyak full terus isi full dalam sejam, apakah ini melanggar?" katanya.

Di postingan itu, ia juga mempertanyakan keterlibatan pihak SPBU yang diduga sengaja membiarkan permainan itu terjadi.

"Apakah dari pihak pom bensin (SPBU) ini sudah berencana atau kompak? Aku siap jadi saksi jika pemilik mobil ini marah," katanya dipostingan pertama itu.

Setelah itu ia melanjutkankan postingan tersebut, baik di akun pribadinya maupun di grub Facebook. Willhard memposting bukti mobil Xenia yang isi bensin tadi kedapatan sedang memindagkan premium ke jeregen.

"Ini status aku tentang Xenia BP 103* JR yang bolak balik isi minyak premium, dan ini aku kasih buktinya," katanya disertakan dengan  unggahan foto mobil Xenia.

Di dalam foto tampak mobil Xenia parkir di semak dan terlihat seorang pria dengan sebuah jeriken seperti memindahkan isi Premium dari tangki mobil ke jeriken.

Baca juga: Air ATB Stop Mengalir 5 Jam di Hari Minggu

Praktik ini banyak dilakukan tidak hanya satu mobil. Selang beberapa jam ia kembali memposting foto mobil yang sedang antri di pom bensin. Willhard melihat terdapat tiga mobil BP 159* ZL, BP 161* ZM, BP 187* ZM yang membawa cewek, mengisi solar dalam 1 jam, sudah 5 kali bolak balik. 

"Aku liat kayaknya supir ini udah dekat sama karyawan pom bensinnya lah, Premium langka, solar langka, apakah ini penyebab kelangkaan itu?," katanya. 

Ketika dikonfirmasi Batamnews.co.id Willhard mengatakan kejadian tersebur benar adanya. Kejadian pada Jumat (21/9/2018) kemaren. Bahkan ia mengaku siap menjadi saksi jika ada penyelidikan dari pihak kepolisian. 

"Nggak taulah bensin sebanyak itu diapakan, untuk eceran nggak mungkin sebanyak itu," katanya.

Di Batam saat ini hampir di setiap SPBU BBM jenis solar dan premium langka. Ketika Batamnews.co.id telusuri beberapa waktu lau pihak SPBU mengatakan kondisi itu sudah biasa. 

Hampir setiap minggu Premiun menghilang. Biasanya, pihak SPBU pun sudah mengantisipasi hal itu dengan beralasan Premium tengah dalam pengantaran.

Baca juga: Emak-emak Ikut Bongkar Permainan Mafia BBM Bersubsidi di Batam

(tan)

 

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews