Eki Lian Saputra, Modder Batam yang Karyanya Nongkrong di Corsair

Eki Lian Saputra, Modder Batam yang Karyanya Nongkrong di Corsair

Eki saat merakit PC Mod Water Cooling System. (Foto: istimewa)

Batam - Beberapa waktu yang lalu akun Facebook resmi CorsairID menampilkan sebuah PC modifikasi dengan Water Cooling System atau sering disebut PC Mod Water Cooling System.

Setelah ditelusuri, sang desainer atau istilahnya adalah Modder- nya adalah Eki Lian Saputra, lulusan Teknik Informatika Universitas Putera Batam tahun 2015.

Apa itu PC Mod Water Cooling System? Bagi para gamer atau para editor video tentu tidak asing lagi. Metode water cooling system adalah pengembangan dari heatsink fan dengan sistem coolant liquid.

Dengan sistem ini maka akan meningkatkan performa PC terutama ketahanan terhadap heat oleh penggunaan yang lama, misalnya sebagai PC Rendering. 

Eki sendiri mulai mempelajarinya sejak duduk di semester empat. Awalnya ia aktif dalam sebuah forum Kaskus hingga dipertemukan dengan Best Mooder PC Indonesia Bapak Ozel atau sering dipanggil Mbah WaroQ RIG.

Ia kemudian dengan susah payah berjuang mulai merakit sendiri, dan menghabiskan waktu kurang lebih sampai 3 bulandengan biaya yang tak sedikit.

"Untuk membuat 1 unit PC Mod Watercooling bisa menghabiskan dana yang lumayan besar dan untuk membuat PC Mod Watercooling bisa merogoh kantong puluhan sampai ratusan juta," ungkap Eki kepada batamnews.co.id, Rabu (19/9/2018).

Ditanya mengenai kelemahan PC Mod Water Cooling System, Eki menjelaskan bahwa kebocoran, perawatan dan harga cukup menjadi pertimbangan. 

“Apalagi para ahli Modder cukup terbatas, untuk wilayah cakupan Kota Batam, Modder kelas expert hanya dua orang saja," tambah Eki.

Modder Expert Class bukan hanya mengaplikasikan Watercoling System, tetapi mengubah/memodifikasi PC secara habis-habisan sehingga mengubah secara keseluruhan dan tidak sedikit menghilangkan originalitas merek yang dipakai.

Eki berencana terus mengembangkan PC Mod Water Cooling System dengan terus meng-update perkembangan teknologi yang semakin cepat dan konvergen. 

(dod)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews