Arab Saudi Akan Persiapkan Teknologi Canggih untuk Permudah Ibadah Haji

Arab Saudi Akan Persiapkan Teknologi Canggih untuk Permudah Ibadah Haji

Kartu canggih untuk ibadah haji

Arab Saudi - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi ingin menunjukkan visi mereka untuk mewujudkan teknologi yang mempermudah umat muslim untuk berhaji.  Visi tersebut ditunjukkan dalam sebuah video ini yang diunggah oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi lewat akun Youtube mereka.

Dari video tersebut, terlihat bagaimana rencana ambisius dari Arab Saudi untuk memaksimalkan teknologi dalam penyelenggaraan haji. Nantinya, para jemaah haji akan melakukan pendaftaran melalui sebuah aplikasi yang disediakan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Kemudian, mereka akan menerima paket berisi kartu canggih yang menjadi KTP digital, earphone, dan gelang sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Kartu canggih itu akan berfungsi sebagai paspor, membuat jemaah haji bisa melewati bagian imigrasi dengan mudah, menggunakan layanan kereta Al Haramain, dan bahkan bisa menjadi kunci kamar hotel. Artinya, kartu canggih itu nantinya bakal bisa digunakan untuk berbagai hal.

Sementara itu, untuk gelang dan earphone berfungsi sebagai perangkat untuk membantu komunikasi para jemaah. Misalnya, memberikan informasi terbaru dan menjadi penerjemah ke bahasa apapun. Jemaah dan panitia bisa berkomunikasi lewat earphone tersebut.

Bahkan, earphone dan gelang yang saling terhubung itu bisa mengingatkan jemaah sudah berapa kali mereka mengitari Kakbah saat tawaf.

Gelang dan kartu yang dibawa jemaah juga bisa berfungsi sebagai pelacak, yang membantu untuk mengetahui lokasi seseorang yang hilang atau terpisah dari rombongan.

Saat ini, pemerintah Arab Saudi memang tengah gencar memaksimalkan penggunaan teknologi dalam penyelenggaraan ibadah haji. Mereka telah mengadakan Hajj Hackathon bersama google yang mencetak rekor Guinness World Records dengan peserta terbanyak.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews