Ini Perbedaan Asian Games dan Sea Games

Ini Perbedaan Asian Games dan Sea Games

ilustrasi (Foto: ist/batamnews)

Jakarta - Mungkin ada yang belum paham perbedaan Asian Games dan Sea Games atau menyamakan keduanya. Agar tidak keliru Asian Games dan Sea Games adalah dua event akbar yang berbeda.

SEA Games merupakan singkatan dari “South East Asia” yang artinya pesertanya dari Asia Tenggara yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. 

Sedangkan Asian Games adalah kompetisi olahraga dengan peserta se-benua Asia yang digelar setiap empat tahun sekali.

Selain perbedaan tersebut, ada pula sejumlah perbedaan lainnya yakni negara peserta dan cabang olahraga yang dipertandingkan.

Dalam SEA Games, penentuan cabang olahraga yang dipertandingkan diatur sesuai dengan SEA Games Federation Chapter and Rules. Tapi, tuan rumah bisa saja menambah atau mengurangi cabang olahraga sesuai dengan keuntungan yang bisa didapat tuan rumah.

Berbeda dengan Asian Games, beberapa cabang olahraga berbasis Olimpiade dan Non-Olimpiade wajib dipertandingkan dalam kompetisi tersebut. Namun, pendapat pihak tuan rumah tidak bebas atau dibatasi sesuai dengan persetujuan OCA (Olympic Council of Asia - Dewan Olahraga Asia).

Sejumlah pertunjukan telah disiapkan untuk memeriahkan upacara Pembukaan Asian Games 2018. Tercatat 3.600 penari akan terlibat dalam acara tersebut. Selain itu, dimeriahkan pula oleh musikus kebanggaan Indonesia dan ratusan pemusik.

Pengisi acara akan tampil di atas panggung megah nan spektakuler. Panggung berukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter tersebut akan menampilkan pemandangan gunung yang besar dan dilengkapi dengan berbagai tumbuhan ciri khas Indonesia, dibuat secara manual oleh perajin asal Bandung dan Jakarta.

Upacara pembukaan dan penutupan yang disebut-sebut akan memberikan kejutan ini dapat dipastikan akan disaksikan oleh miliaran penonton di seluruh dunia.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews