Warga Tanjung Bungsu Rindukan Air Bersih Masuk Rumah

Warga Tanjung Bungsu Rindukan Air Bersih Masuk Rumah

Salah satu bak penampungan air bersih sekaligus tempat warga mandi yang ada di Tanjung Bungsu (Foto:Ruzi/Batamnews)

Lingga - Ketersedian air bersih di Tanjung Bungsu, Desa Resun Pesisir, Kecamatan Lingga Utara, masih terbilang minim. Air yang mengalir dari sumber mata air hanya sampai di beberapa bak penampung depan rumah warga.

"Air bersih di tempat kami ini hanya sampai di bak-bak penampung yang ada di depan rumah warga. Kalau masuk ke rumah belum bisa, pipa yang mengalirinya masih kecil, hanya ukuran dua inci," kata salah seorang warga setempat, Pakarti kepada Batamnews.co.id, Sabtu (18/8/2018).

Dia menjelaskan, permasalahan tersebut bukan baru terjadi. Tapi, sudah menjadi permasalahan dari tahun ke tahun yang belum ada jalan keluar.

"Kalau musim kemarau, air netesnya mulai kecil. Kalau sumber air yang dibikin dam itu cukup panjang lah. Tapi pipa yang masuk ke kampung ini sangat tidak mungkin," ujarnya.

Untuk mendapatkan air bersih, warga setempat harus antri mengambil di bak penampungan yang ada. Bahkan, tak jarang warga juga mandi di bak penampungan tersebut karena sulitnya mengangkut air ke rumah.

"Kadang-kadang kami pakai mesin untuk menyedot air dari bak penampung itu ke rumah. Kalau pakai mesin bisa kesedot airnya. Tapi kalau tidak pakai mesin gak naik air ke rumah," ucapnya.

Sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, dia berharap mulai dari pemerintah desa hingga dinas terkait dapat memperhatikan masalah tersebut, agar saat musim kemarau panjang tiba warga tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews