Ratusan Akun Instagram Diserang, Apa Gerangan?

Ratusan Akun Instagram Diserang, Apa Gerangan?

ilustrasi (Foto: ist/batamnews)

Jakarta - Setelah kasus Skandal Data Facebook, kini giliran Instagram yang bermasalah.Ratusan akun Instagram telah diretas secara massal sejak awal bulan ini. 

Belum diketahui apa faktor yang menyebabkan peretasan ratusan akun Instagram tersebut, apakah karena kerentanan keamanan, sehingga mengakibatkan peretas mudah untuk mencuri data.

Dilansir dari Ubergizmo, Rabu (15/8/2018), Mashable telah mendengar dari banyaknya korban akun peretasan bulan ini, di mana mereka menemukan bahwa pemilik akun secara otomatis keluar dari Instagram mereka tanpa suatu alasan.

Begini Bahaya Instagram bagi Remaja
Ketika pengguna mencoba untuk masuk kembali, gambar, informasi, kontak dan bahkan nomor yang terdapat di dalam akun telah diubah.

Tampilan gambar profil juga mengalami perubahan menjadi karakter Pixar atau Disney, sementara alamat email akun yang tertaut diubah menjadi domain Rusia (.ru). Beberapa akun bahkan memiliki otentikasi dua faktor yang dinonaktifkan oleh peretas.

Orang di balik tindak peretasan tersebut tampaknya tidak membuat perubahan lain pada akun seperti menambahkan foto atau menghapus foto yang sudah ada sebelumnya. Selain laporan itu, terdapat banyak keluhan tentang peretasan yang kini menyebar di Twitter dan komunitas seperti Reddit.

Kendati demikian, sampai saat ini pihak Instagram belum mengomentari situasi peretasan yang terjadi di aplikasinya, namun adanya informasi ini yang telah mengemuka mungkin membuat perusahaan harus menyelidiki masalah tersebut.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews