Pasca Gempa, 560 Pendaki Masih Terjebak di Gunung Rinjani

Tim gabungan telah dikerahkan pagi ini untuk melakukan evakuasi para pendaki yang terjebak. Total 165 personel diterjunkan dan dua helikopter disiagakan. (Foto: ist/batamnews)

Lombok Timur - Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Sudiyono mengatakan sejak gempa Minggu lalu, hingga pagi ini, 560 pendaki dilaporkan masih terjebak di gunung Rinjani.

Sudiyono menjelaskan ratusan pendaki itu terjebak di dua titik. Kebanyakan pendaki terjebak di Danau Segara Anak dan sebagian lainnya di Batu Ceper.

"500 (Pendaki) di posisi sudah berkumpul kemudian 60 di Batu Ceper, lokasi di sekitar segara anak, terpisah dari areal camping yang lain sehingga mereka berusaha untuk bergabung dengan tim yang bergabung ke Sembalun karena kondisi tanah longsor di sana. 60 (Pendaki) ini masih terjebak betul-betul terjebak, kami akan berusaha melalui wilayah-wilayah yang ada di sana," ujarya dilansir dari detik.com

Dia juga memperbaharui informasi mengenai jumlah pendaki yang terjebak di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hingga pagi ini, 560 pendaki dilaporkan masih terjebak di gunung tersebut.

"Perkembangan terakhir, kami mendapatkan informasi di sana ada 560 orang," kata Sudiyono di kantornya, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7/2018).

Dia mengatakan 60 orang pendaki itu terjebak karena kondisi jalan tak memungkinkan. Mereka tak bisa bergerak dari lokasi. "60 (Pendaki) hasil komunikasi kami berada di satu tempat tapi tidak bisa bergerak karena kondisi alam," tuturnya.

Tim gabungan telah dikerahkan pagi ini untuk melakukan evakuasi para pendaki yang terjebak. Total 165 personel diterjunkan dan dua helikopter disiagakan.

(*)

SHARE US :

Berita Terkait