Ketersediaan Air Baku Terbatas, Begini Tips Hemat Air dari ATB

Ketersediaan Air Baku Terbatas, Begini Tips Hemat Air dari ATB

Adhya Tirta Batam (ATB) mengajak masyarakat Batam untuk berhemat dalam penggunaan air. Hal itu perlu dilakukan mengingat keterbatasan jumlah air Baku di Batam. (Foto: ATB)

Batam - Adhya Tirta Batam (ATB) mengajak masyarakat Batam untuk berhemat dalam penggunaan air. Hal itu perlu dilakukan mengingat keterbatasan jumlah air Baku di Batam. ATB memberikan beberapa solusi penghematan air.

“ATB selalu mengimbau pelanggan untuk memantau penggunaan air di beberapa aktivitas rumah tangga, seperti mencuci peralatan makan, sayuran dan buah-buahan dengan menggunakan wadah seperti baskom atau bak pencuci piring. Ini dapat menghemat 40 liter air,” ujar Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB.

Berikut tips menghemat air ATB

Gunakan baskom untuk menampung air cucian

Mencuci dengan menggunakan baskom hanya membutuhkan air kurang lebih 10 liter saja. Sedangkan mencuci di bawah keran terbuka selama 5 menit sudah menghabiskan 50 liter air.

“Agar tidak banyak air yang terbuang, penggunaan air juga harus diperhatikan saat melakukan aktivitas. Menggunakan ember saat mencuci pakaian, mencuci mobil, memandikan binatang peliharaan, menyiram tanaman dan berkebun dapat menghemat air lebih efektif, dibandingkan menggunakan selang,” kata Enriqo.

Mencuci lantai dengan kain pel

Aktivitas lainnya seperti membersihkan lantai dengan ember dan kain pel, juga efektif dalam menghemat penggunaan air. Mematikan keran air saat sedang menggosok gigi, daripada membiarkan keran terbuka dan air terus mengalir dengan sia-sia, akan menghemat setidaknya 40 liter air.

“Penggunaan air juga perlu diperhatikan pada aktivitas rumah tangga lainnya, seperti melunakkan makanan beku. Merendamnya dalam mangkuk lebih menghemat penggunaan air daripada mencuci di bawah keran terbuka,” katanya.

Mandi menggunakan shower

Solusi terbaik untuk hemat air saat mandi adalah dengan menggunakan shower (air pancuran). Namun apabila Anda menggunakan bak untuk menampung air, pastikan untuk mematikan keran sebelum melebihi tepian bak.

“Mandi dengan menggunakan air pancuran (shower), lebih efektif dalam penghematan air. Dibandingkan mandi dengan menggunakan bak air ataupun berendam dalam bak mandi. Mematikan air pancuran (shower) saat sedang memakai sabun, juga termasuk langkah maksimal menghemat pemakaian air,” ujar Enriqo.

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews