Setelah 32 tahun, Atlet Lari Indonesia Bawa Emas di Kejuaraan Dunia

Jakarta - Lalu Muhammad Zohri (18) atlet lari Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa. Ia membawa pulang mendali emas dalam Kejuaraan Dunia Atletik U20 pelari 100 meter putra yang diselenggarakan di Finlandia.

Prestasi itu sangat membanggakan sejak 32 tahun terakhir posisi terbaik atlet Indonesia berada dalam finish posisi ke-8 yaitu pada tahun 1986. Seperti yang dilansir dari situs resmi Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF), Kamis (12/2). Keberhasilan itu merupakan medali emas pertama bagi Indonesia. 

Zohri mampu mengungguli duo sprinter asal Amerika Serikat, yakni Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang masing-masing mencatatkan waktu 10,22 detik.Ia tercatat hanya membutuhkan waktu 10,18 detik untuk mencapai garis finish.

"Saya sangat senang dengan kejuaraan junior ini. Sekarang, saya akan mempersiapkan Asian Games bulan depan. Saya sangat bangga - ini adalah pengalaman yang luar biasa dan ini sangat bagus untuk karir saya. Bahkan berada di final adalah berkah yang besar," ujarnya.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno L.P Marsudi melalui akun Twitternya mengucapkan selamat atas pencapaian yang ditorehkan Zohri. "Selamat kepada pelari U-20 asal Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, yang telah berhasil menyabet medali emas nomor 100 meter pada Kejuaraan Dunia Junior," tulisnya.

Zohri nampak meyakinkan saat tampil dalam kejuaraan tersebut. Zohri telah mengukir prestasi di tingkat Asia sebagai juara lari 100 meter U-20 pada awal tahun ini. 

Dikutip dari merdeka.com.

(*)

SHARE US :

Berita Terkait